Advertisement

One Stop Solution EVDS, PLN Kembangkan Layanan Digital Permudah Pengguna Kendaraan Listrik

Media Digital
Senin, 04 Desember 2023 - 19:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
One Stop Solution EVDS, PLN Kembangkan Layanan Digital Permudah Pengguna Kendaraan Listrik Salah satu upaya PLN menyosialisasikan One Stop Solution Electric Vehicle Digital Services (EVDS) yang bisa diakses melalui PLN Mobile sebagai salah satu platform layanan kendaraan listrik. (IST)

Advertisement

SEMARANG—Seiring pesatnya perkembangan kendaraan listrik di Indonesia, PLN berkomitmen terus mendukung percepatan pengembangan ekosistem kendaraan listrik. Guna memudahkan pengguna ataupun calon pengguna kendaraan listrik, PLN mengembangkan layanan One Stop Solution Electric Vehicle Digital Services (EVDS) yang bisa diakses melalui PLN Mobile sebagai salah satu platform layanan kendaraan listrik.

Langkah ini dilakukan PLN untuk meningkatkan customer experience dengan mengintegrasikan secara digital semua sistem pelayanan pelanggan bagi pengguna ataupun calon pengguna kendaraan listrik.

Advertisement

Direktur Retail dan Niaga PT PLN (Persero), Edi Srimulyanti mengungkapkan fitur ini dapat menjawab kebutuhan masyarakat yang membutuhkan layanan terkait kendaraan listrik. Dengan mengakses EVDS pada PLN Mobile, pengguna kendaraan listrik dapat mengakses lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) terdekat. Selain itu, pengguna kendaraan listrik juga dapat menikmati kemudahan pengisian daya kendaraan di SPKLU dengan PLN Mobile.

"Kami menyediakan platform EVDS atau Electrical Vehicle Digital System di mana di dalam PLN Mobile itu ada EVDS. Jadi Bapak Ibu yang mengendarai kendaraan listrik yang roda dua maupun roda empat akan dapat diberikan kemudahan melihat lokasi-lokasi stasiun pengisian ada di mana saja. Bapak dan Ibu juga bisa membeli kendaraan listrik di marketplace kami yang ada di PLN Mobile," jelas Edi Srimulyanti.

Edi Srimulyanti juga menambahkan dalam aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur market place. Masyarakat dapat langsung mengakses kebutuhan suku cadang maupun membeli langsung kendaraan listrik roda dua dari mitra PLN.

Komitmen PLN dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik ini mendapatkan apresiasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Republik Indonesia. Assisten Deputi Industri Maritim dan Transportasi Kemenko Marves, M. Firdausi Manti menyatakan apresiasi pada PLN untuk dukungan pada pengembangan ekosistem kendaraan listrik, khususnya dengan pembangunan SPKLU. Hal ini disampaikan di sela-sela forum bertajuk ¬Dekarbonisasi Sektor Transportasi Melalui Adopsi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) pada Jumat (17/11) di Hotel Gumaya Semarang.

“Saat ini PLN telah banyak membangun jaringan, terus menambah jaringan SPKLU di Trans Jawa. Kami juga banyak diskusi kepada teman PLN ke depan akan dikembangkan di Trans Sumatera juga sehingga membuat kenyamanan bagi pengguna KLBB (Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai) apa bila ingin, misalnya berpergian lebih jauh atau pulang kampung.” jelas Firdausi.

Menyikapi data Pemerintah Daerah Jawa Tengah, di mana pada 2023 sudah ada lebih dari 2.910 kendaraan listrik roda dua dan 568 kendaraan listrik roda 4 yang beroperasi di Jawa Tengah, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY, M Soffin Hadi mengungkapkan PLN siap mendukung percepatan pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Jawa Tengah dan DIY. 

Dia menambahkan untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY hingga September 2023 PLN telah membangun sebanyak 31 SPKLU dengan 45 unit EV charger yang terpasang dan tersebar di 22 Kota/Kabupaten wilayah Jawa Tengah dan DIY.

“PLN siap mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Jawa Tengah. Sudah ada 31 SPKLU yang hadir siap melayani pengguna kendaraan listrik, terlebih sudah ada layanan digital yang mempermudah pengguna kendaraan listrik. Kami berharap supaya pengguna kendaraan listrik dapat memanfaatkan EVDS yang berada dalam PLN Mobile,” katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Perangkat Kalurahan Muntuk Dlingo Terseret Kasus Korupsi, Lurah Segera Tunjuk Pj

Bantul
| Minggu, 19 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement