Advertisement

PLN Jawa Tengah dan DIY Kembali Sabet Penghargaan ICA dan ISDA Award 2023

Media Digital
Rabu, 06 Desember 2023 - 15:37 WIB
Sunartono
PLN Jawa Tengah dan DIY Kembali Sabet Penghargaan ICA dan ISDA Award 2023 Sekolah Sungai Siluk, yang berlokasi di Kalurahan Selopamioro, Kabupaten Bantul, DIY telah menyulap bantaran sungai di wilayah Bantul menjadi salah satu eduwisata menarik dan terkenal di Yogyakarta. - Istimewa.

Advertisement

JAKARTA—PLN kembali meraih penghargaan bergengsi dalam Indonesia CSR Award (ICA) dan Indonesia Sustainable Development Award (ISDA) 2023. Dalam acara prestisius tersebut, dua mitra binaan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY menerima Gold Category Award. Sekolah Sungai Siluk Bantul memenangkan ICA Award sementara Batik Ciprat Karya Barokah Wonogiri  meraih ISDA Award.

Sekolah Sungai Siluk, yang berlokasi di Kalurahan Selopamioro, Kabupaten Bantul, DIY telah menyulap bantaran sungai  di wilayah Bantul menjadi salah satu eduwisata menarik dan terkenal  di Yogyakarta. Melalui langkah ini, PLN bersama warga Desa Siluk membangun Sekolah Sungai Siluk (SSS) yang sekaligus dijadikan wadah pelestarian lingkungan dan budaya dan telah memberikan bantuan untuk pengembangan infrastruktur, pendampingan dan sarana pendukung seperti Kedai Sinau, perpustakaan digital dan electrifying lifestyle selama kurun waktu 5 tahun terakhir.

Advertisement

BACA JUGA : Jadwal Pemadaman Listrik Hari Ini Mulai Jam 10.00 WIB, Cek Lokasinya di Sini

Berbeda dengan Sekolah Sungai Siluk yang mengusung tema Pendidikan dan Kebudayaan, Batik Ciprat Karya Barokah dari Wonogiri mengusung tema Pemberdayaan Masyarakat, terutama dari kalangan penyandang Disabilitas. Sebanyak 9 pekerja di workshop batik ciprat merupakan difabel tuna rungu, tunawicara dan disabilitas mental.

Inovasi Batik Ciprat Karya Barokah bertujuan untuk memberikan hak yang sama sebagai warga penyandang disabilitas, mengangkat derajat penyandang disabilitas, serta memberi dampak dalam bidang sosial dan ekonomi. PLN hadir dengan bantuan berupa pengadaan sarana workshop, pendampingan dan ruang display, serta bantuan alat dan bahan baku batik ciprat selama kurun waktu tahun 2022 hingga 2023 ini.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY, Mochamad Soffin Hadi mengungkapkan apresiasinya atas penghargaan ini. Ia menjelaskan program TJSL PLN Peduli senantiasa berkomitmen hadirkan kebermanfaatan untuk masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan ICA untuk Sungai siluk dan ISDA untuk Batik Ciprat terutama kepada pemerintah daerah beserta seluruh stakeholders terkait atas sinergi serta kolaborasi yang telah dibangun bersama. Semoga apa yang kita terima kali ini dapat menjadi penyemangat, serta tentunya memberikan manfaat yang berkelanjutan," ungkap Soffin.

Dengan keberhasilan Sungai Siluk di Yogyakarta dan Batik Ciprat di Wonogiri, PLN telah menunjukkan komitmen yang berkelanjutan dalam membangun masyarakat. Melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dan upaya Community Involvement & Development, PLN terus berupaya memberdayakan dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di berbagai wilayah Indonesia.

Penghargaan ini tidak hanya menjadi dorongan semangat, tetapi juga menjadi tonggak prestasi yang menggambarkan komitmen PLN dalam mengutamakan prinsip-prinsip Environment, Social, dan Government (ESG) dalam setiap aspek bisnisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Rekap Suara KPU Rampung, Ini Dia Beberapa Wajah Baru Calon Anggota DPRD Kulonprogo

Kulonprogo
| Senin, 04 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement