Advertisement

Peningkatan Kapasitas, Puluhan Pekerja Ikuti Pelatihan

Media Digital
Sabtu, 09 Desember 2023 - 15:57 WIB
Maya Herawati
Peningkatan Kapasitas, Puluhan Pekerja Ikuti Pelatihan Pemateri dan peserta pelatihan yang digelar oleh Saemaul Foundation melalui YGSI berfoto bersama di Marriott Hotel Yogyakarta, Sabtu (9/12/2023). - Harian Jogja - Anisatul Umah

Advertisement

JOGJA—Sebanyak 70 orang mengikuti pelatihan yang digelar oleh Saemaul Foundation melalui Yayasan Globalisasi Saemaul Indonesia (YGSI) untuk meningkatkan kapasitas pekerja Tanah Air yang bekerja untuk perusahaan Korea di Indonesia.

Ketua YGSI, Grace Majestyka Prastya, mengatakan dalam pelatihan yang digelar di Marriott Hotel Yogyakarta pada 8-10 Desember 2023 tersebut, pesertanya merupakan karyawan unggulan yang dipilih oleh perusahaan.

Advertisement

Pelatihan itu, kata dia, digelar untuk meningkatkan kapasitas dan motivasi bekerja. Bekal yang diperoleh dari pelatihan ini bisa jadi bekal saat bekerja demi kemajuan diri dan perusahaan.

“YGSI adalah yayasan yang pusatnya ada di Korea namanya Saemaul Foundation bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat. Beberapa program yang dilaksanakan itu ada Desa Percontohan Saemaul, juga ada pelatihan, salah satunya Pelatihan Pabrik Saemaul Undong,” ucapnya, Sabtu (9/12/2023).

Dia mengatakan pelatihan kali ini adalah yang ke-4 sejak digelar kali pertama pada 2022. Pada hari pertama para peserta terlebih dulu dibekali dengan konsep Pabrik Saemaul Undong agar dapat lebih memahami kiat-kiat memajukan perusahaan melalui flosof dasar Pabrik Saemaul Undong.

Ratih Pratiwi Anwar dari Pusat Studi Asia Pasifk UGM selaku pemateri di hari pertama menyampaikan bahwa kualitas produk adalah yang paling utama. Jika ada kontrol mutu, produk akan laku di pasaran.

“Selain itu sebagai respon pada perubahan zaman, inovasi juga jadi salah satu faktor penting yang harus selalu dikembangkan,” pungkasnya. Usai pengenalan konsep Saemaul Undong, diadakan sesi sharing tentang pengalaman bekerja di Korea. “Sistem di pabrik Korea sangat dijaga. Kedisiplinan, dalam arti ketepatan waktu sangat dijaga,” ungkap Triyana, Ketua TKI Purna Desa Nglanggeran dalam sesi tersebut.
Tak hanya konsep Pabrik Saemaul Undong, peningkatan kapasitas dan motivasi peserta juga jadi fokus utama pelatihan. Pemateri dari tim Tiga Sukses Nusantara mengajak peserta untuk mengasah kemampuan dan kepemimpinan. Interaksi komunikatif dan diskusi antar peserta membuat suasana pelatihan lebih aktif lagi.

Dalam sambutannya Mr. Seunghoon Hong, Direktur Saemaul Foundation Kantor Perwakilan Indonesia menuturkan, “Semoga pelatihan ini bisa membawa manfaat bagi pengembangan kapasitas diri tiap peserta dan bisa memberi kontribusi pada kemajuan perusahaan.” (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Politikus PDIP Minta Jangan Ada Razia Warung Makan yang Buka Saat Ramadan

Jogja
| Senin, 04 Maret 2024, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement