Advertisement

Makin Diminati, Merchant QRIS di DIY Tumbuh 27,9%

Anisatul Umah
Kamis, 14 Desember 2023 - 19:37 WIB
Maya Herawati
Makin Diminati, Merchant QRIS di DIY Tumbuh 27,9% Ilustrasi penggunaan QRIS. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJABank Indonesia (BI) Perwakilan DIY mencatat sampai dengan Oktober 2023 jumlah merchant QRIS di DIY mencapai 684.000. Kepala Perwakilan BI DIY, Ibrahim mengatakan capaian ini tumbuh 27,9% secara tahunan atau (year-on-year/yoy).

"Saat ini tercatat jumlah merchant QRIS DIY per Oktober 2023 sebanyak 684.000," ucapnya beberapa hari lalu.

Advertisement

Dia menyampaikan perluasan akses pembayaran digital akan membuka peluang untuk perluasan akses layanan keuangan digital lainnya. Salah satunya melalui implementasi QRIS TUNTAS (Tarik tunai, transfer, dan setor tunai).

"Selain itu, QRIS Antarnegara yang telah dikembangkan untuk memfasilitasi interkoneksi pembayaran antar negara dapat dimanfaatkan untuk menjaring retribusi pariwisata yang umumnya dikunjungi oleh turis mancanegara," jelasnya.

BACA JUGA: Pengin Balik Lagi ke Area Pedestrian, Pedagang Teras Malioboro Gelar Demo di Kepatihan

Lebih lanjut dia menyampaikan, tidak hanya dari sisi pendapatan, Bank Indonesia juga berkomitmen untuk mendukung penguatan inovasi keuangan digital dari sisi belanja. Di antaranya melalui Kartu Kredit Indonesia (KKI) dengan segmen pemerintah.

"Peluncuran KKI merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden No. 2 Tahun 2022 untuk menggunakan transaksi nontunai dalam belanja barang dan jasa oleh Pemerintah serta sebagai bagian dari afirmasi program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN)," ucapnya.

Khususnya terkait dengan digitalisasi pembayaran terkait pembelian barang dan jasa Pemerintah baik Pusat maupun Daerah. Menurutnya di DIY sudah ada tiga Pemda yang sudah menerbitkan dasar hukum implementasi KKI berupa Peraturan Kepala Daerah (Perkada). "Yaitu Provinsi DIY, Kabupaten Kulonprogo, dan Kota Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Berpulang, Okky Madasari : Karyanya Akan Selalu Relevan

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement