Advertisement

Dhaup Ageng Jadi Daya Tarik Wisata, Reservasi Hotel di Jogja Naik

Anisatul Umah
Sabtu, 06 Januari 2024 - 20:07 WIB
Maya Herawati
Dhaup Ageng Jadi Daya Tarik Wisata, Reservasi Hotel di Jogja Naik Ilustrasi Hotel/ Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAPerhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) DIY menyebut prosesi Dhaup Ageng atau pernikahan putera bungsu Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X berdampak pada peningkatan reservasi hotel. Khususnya yang  berada di Kota Jogja dan di dekat Pura Pakualaman.

Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo mengatakan reservasi hotel Januari 2024 rata-rata 60% dan terus bergerak. Ditargetkan bisa mencapai 80%. Ia menyebut capaian ini lebih baik jika dibandingkan dengan 2023 lalu.

Advertisement

"Berkaitan dengan Dhaup Ageng itu hotel-hotel yang ada di Kota Jogja. Okupansi tahun lalu di kisaran 68%. Januari ini reservasi lebih baik dari tahun lalu," katanya Sabtu (6/01/2024).

Menurutnya ada juga wisatawan yang khusus berkunjung ke Jogja untuk melihat langsung prosesi Dhaup Ageng meski melalui layar, asalkan bisa datang langsung ke Pura Pakualaman.

BACA JUGA: Setelah Kecelakaan Kereta Bandung, PT KAI Meningkatkan SOP Jalur Haurpugur-Cicalengka

"Saya ingin menyampaikan bahwa Dhaup Ageng itu menjadi daya tarik wisatawan datang ke Jogja karena keistimewaan Jogjakarta, bisa terlihat dengan adanya Dhaup Ageng," jelasnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan selain dampak dari Dhaup Ageng, reservasi Januari 2024 juga terdongkrak dari wisatawan yang belum kebagian kamar pada akhir tahun. Sehingga baru liburan ke DIY pada awal tahun.

"Ada wisatawan juga karena gak kebagian kamar di bulan Desember lalu mengalihkan di bulan Januari dan Februari," jelasnya.

Menurutnya pada Januari dan Februari biasanya masuk masa low season. Namun di tahun ini justru terjadi peningkatan. "Februari 48%-50%. Kelihatannya akan lebih tinggi Februari, pergerakannya kok cepat reservasi dibanding Januari. Januari cepat sih, tapi lebih cepat Februari,” katanya.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Gondol Uang Warung di Jalan Srandakan, Warga Banjarnegara Digelandang Polisi

Bantul
| Jum'at, 10 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement