Advertisement

Bank BPD DIY Bantu Pembangunan RBRA Masjid Agung Manunggal Bantul lewat Program CSR

Media Digital
Jum'at, 02 Februari 2024 - 13:47 WIB
Maya Herawati
Bank BPD DIY Bantu Pembangunan RBRA Masjid Agung Manunggal Bantul lewat Program CSR Direktur Umum BPD DIY, Hudan Mulyawan (dua dari kanan) meninjau RBRA Masjid Agung Manunggal Bantul, Jumat (2/2/2024). - Harian Jogja - Anisatul Umah

Advertisement

JOGJA—Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY bersama dengan pemerintah kabupaten (Pemkab) Bantul meresmikan Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) Masjid Agung Manunggal Bantul, Jumat (2/2/2024). Pembangunan RBRA Masjid Agung Manunggal Bantul telah rampung dikerjakan pada 30 November 2023 lalu.

Melalui dana corporate social responsibility (CSR) BPD DIY dilakukan pekerjaan renovasi taman di sisi Selatan, pekerjaan landscape dan outdoor playground dengan total dana Rp243,79 juta. Melalui bantuan CSR ini diharapkan bisa membantu proses akselerasi pencapaian Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Paripurna di 2024.

Advertisement

Direktur Umum BPD DIY, Hudan Mulyawan menyampaikan BPD DIY terus berkomitmen untuk bersinergi bersama dengan pemerintah daerah (Pemda) dalam hal ini Pemkab Bantul. Diharapkan dengan adanya RBRA bisa dimanfaatkan dengan baik sebagai ruang berinteraksi anak-anak.

BACA JUGA: Viral Insiden Kericuhan di Jalan KH Ahmad Dahlan Jogja, Polisi: Tidak Ada Senjata Tajam

"Sebagai wujud dukungan nyata Bank BPD DIY untuk Kabupaten Bantul kami sampaikan CSR yang telah disalurkan untuk Kabupaten Bantul 2023 secara total sebesar total Rp1,15 miliar," ucapnya.

Pembangunan RBRA ini menjadi salah satu wujud dari realisasi visi misi Bank BPD DIY sebagai bank daerah yang menjalankan fungsi agen pembangunan. Dalam rangka pengelolaan, RBRA diserahkan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul.

"Harapan kami RBRA ini bisa terus dimanfaatkan oleh anak-anak Kabupaten Bantul, sehingga bisa segera tercapai KLA dengan status paripurna," ungkapnya.

Sekda Bantul Agus Budi Raharjo menyampaikan apresiasi atas terwujudnya ruang bermain anak yang representatif. Sebagai salah satu upaya mendukung terwujudnya Bantul sebagai KLA.

Dia menjelaskan keberadaan RBRA ini tidak hanya wujud perhatian pemerintah atas kebutuhan sarana bermain dan hiburan anak. Tetapi juga sebagai upaya nyata meningkatkan kualitas hidup mereka.

"Anak-anak adalah aset yang berharga, melalui ruang bermain ini kami berkomitmen menyediakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Untuk mewujudkan cita-cita besar ini tidak bisa lepas dari kerja sama semua pihak," katanya.

Kepala DLH Bantul, Ari Budi Nugroho menyampaikan, beradaan ruang terbuka untuk publik khususnya yang ramah anak menjadi salah satu bentuk dukungan misi Bupati Bantul menjadikan Kabupaten Bantul sebagai KLA. Pembangunan RBRA ini diintegrasikan dengan berbagai perangkat daerah.

"Pembangunan ini anggarannya pertama didukung penuh oleh BPD DIY melalui dana CSR. Pada 2022 kami revitalisasi RBRA yang Utara sinergi dengan BPD DIY dan DKM [Dewan Kemakmuran Masjid] Masjid Agung Manunggal dan SMAN 1 Bantul. Di sisi Selatan ada lukisan mural yang dilukis anak-anak SMAN 1 Bantul," ungkapnya. (***)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

10 Kelurahan di Jogja Jadi Sasaran Skrining TBC

Jogja
| Senin, 06 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement