Advertisement

Mall di DIY Berkomitmen Sediakan Charging Station untuk Kendaraan Listrik

Anisatul Umah
Selasa, 06 Februari 2024 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Mall di DIY Berkomitmen Sediakan Charging Station untuk Kendaraan Listrik Fasilitas Charging Station di JCM, Selasa (06/02/2024). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBI) DIY, Surya Ananta mengatakan semua mal di DIY berencana menyediakan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) atau charging station.

Saat ini yang sudah ada baru di Plaza Ambarrukmo dan Jogja City Mall (JCM). "Planning-nya semua akan ada [SPKLU]. Selain Amplaz, JCM sudah ada," ucapnya, Selasa (6/2/2024).

Advertisement

Dari anggotanya yang saat ini masih berproses kemungkinan sudah akan terpasang pada tahun ini. Saat ini masih proses negosiasi, menentukan lokasi dan langkah-langkah lainnya.

Menurutnya, APBI DIY telah berdiskusi dengan pemerintah terkait dengan penyediaan fasilitas pendukung kendaraan listrik guna mendorong populasi mobilnya.

"Seperti ungkapan telur duluan apa ayam duluan, jadi kami memang melihat potensi ke depan itu bakal didorong ke arah mobil listrik, kami berikan fasilitas dulu, meski populasinya belum banyak," ujar Ananta.

Lebih lanjut dia menyampaikan jika fasilitas pendukung belum tersedia dengan mudah maka orang akan ragu-ragu menggunakan mobil listrik. “Itulah, asosiasi mal berinisiatif sendiri,” ucap dia.

Berdasarkan pengalaman di Plaza Ambarrukmo, keberadaan SPKLU memang belum terlalu masif dimanfaatkan. Sebab lebih banyak kendaraan pelat luar DIY yang menggunakan charging station.

"Ini kan tergantung saat liburan, orang bawa mobil listrik dari luar kota menuju ke DIY. Itu peak season atau momen tertentu, jadi kalau sekarang ini animo pengguna masih landai, belum sampai antre," jelasnya.

Dukungan pada fasilitas pendukung mobil listrik juga dilakukan oleh dealer, salah satunya Nasmoco Grup.

BACA JUGA: SPKLU Ultra Fast Charging Pertama di Jalur Pansela Resmi Beroperasi

President Director Nasmoco Group, Benny Redjo Setyono mengatakan untuk mendukung pengembangan mobil listrik, Nasmoco menghadirkan fasilitas charging untuk mobil listrik jenis Battery Electric Vehicle (BEV) di beberapa lokasi strategis di Jateng dan DIY.

"Saat ini Nasmoco telah memiliki lima fasilitas charging dengan spesifikasi tiga charging, yakni SPKL Medium Fast Charger AC 22 kW 3 phase 380V-32A Max yang ada di Nasmoco Siliwangi, Nasmoco Tegal dan Nasmoco Pemuda. Ditambah 2 SPKL Ultra Fast Charger 120 kW di Nasmoco Bantul dan Nasmoco Majapahit Semarang," ucapnya.

Ke depan secara bertahap Nasmoco akan menyediakan fasilitas SPKL di semua cabang Nasmoco di Jateng dan DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Senin 29 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 03:27 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement