Advertisement

SBI Kerja Sama Pengelolaan Sampah Jadi RDF dengan Pemkab Wonosobo

Media Digital
Kamis, 22 Februari 2024 - 17:57 WIB
Arief Junianto
SBI Kerja Sama Pengelolaan Sampah Jadi RDF dengan Pemkab Wonosobo PT. SBI dan Pemkab Wonosobo bekerja sama untuk pengelolaan sampah menjadi bahan bakar alternatif atau refuse-derived fuel (RDF). - Istimewa

Advertisement

CILACAP—Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) dan Pemkab Wonosobo menjalin kerja sama untuk pengelolaan sampah menjadi bahan bakar alternatif atau refuse-derived fuel (RDF) yang akan digunakan pabrik SBI di Cilacap.

Kerja sama ini diresmikan dengan penandatanganan nota kesepahaman bersama (MoU) antara SBI yang diwakili Direktur Manufacturing, Soni Asrul Sani dan Bupati Wonosobo, H Afif Nurhidayat, S.Ag. di Ruang Pringgitan, Pendopo Bupati, Rabu (21/2/2024).

Advertisement

Soni Asrul Sani mengatakan SBI menyambut baik kesepakatan ini dan berkomitmen untuk mendukung pengembangan infrastruktur dan teknologi yang diperlukan agar proyek ini terimplementasi.

Senada, Wakil Bupati Wonosobo, Muhammad Albar yang turut hadir dan memberikan pengarahan mengatakan, "Kerja sama ini bertujuan memfasilitasi pengelolaan sampah menjadi RDF yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif yang ramah lingkungan oleh industri semen seperti yang telah diterapkan di SBI Pabrik Cilacap. 

BACA JUGA: Atasi Sampah, Pemkab Sleman Gandeng PT SBI Pabrik Cilacap

Untuk kesuksesan kerja sama ini, Pemkab Wonosobo telah membangun tempat pengolahan sampah dengan metode pengolahan sampah reduce, reuse dan recycles (TPS3R), Pusat Daur Ulang (PDU), maupun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di beberapa kecamatan.

Dengan adanya berbagai fasilitas yang ada,maka didorong atau diarahkan agar sampah sampah tersebut diolah menjadi RDF.

Selain membantu meningkatkan kondisi lingkungan yang lebih sehat, pengelolaan sampah menjadi RDF ini juga akan membantu peningkatan ekonomi sirkular di daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

OTT Tidak Membuat Jera Pembuang Sampah Liar di Bantul, Ini Buktinya

Bantul
| Minggu, 28 April 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement