Advertisement

Jelang Ramadan, PLN Bantu Desa Tanjungsari Sulap Tumpukan Sampah Borobudur Jadi Energi Terbarukan

Media Digital
Jum'at, 08 Maret 2024 - 21:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Jelang Ramadan, PLN Bantu Desa Tanjungsari Sulap Tumpukan Sampah Borobudur Jadi Energi Terbarukan Wakil Rektor IV bidang Kerja Sama IT PLN Pawenary saat serah terima Program Pengolahan Sampah menjadi Refuse Derived Fuel (RDF) pada Desa Tanjungsari, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jumat (8/3 - 2024). Istimewa

Advertisement

MAGELANG–Menjelang Ramadan 2024, PLN melakukan serah terima Program Pengolahan Sampah menjadi Refuse Derived Fuel (RDF) pada Desa Tanjungsari, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Momentum Ramadan ini dimanfaatkan PLN untuk menyatakan komitmen kepedulian terhadap lingkungan sekitar melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL). Dengan program ini PLN menyulap sampah dari Desa Tanjungsari hingga Kawasan Wisata Borobudur dan sekitarnya menjadi sumber energi terbarukan.

Sarana pengolahan sampah yang diserahterimakan pada Jumat (8/3/2024) ini diproyeksikan mampu menampung dan mengolah sampah hingga 10 ton per hari dari rata-rata sampah Kawasan Wisata Borobudur 4 ton dan Desa Tanjungsari 600 kilogram (kg) per hari sehingga tidak menutup kemungkinan metode pengolahan sampah ini akan dapat menjangkau seluruh wilayah Kecamatan Borobudur ke depannya. Sampah yang telah diolah menjadi RDF dapat dimanfaatkan menjadi sumber energi terbarukan sebagai bahan bakar dari pembangkit listrik.

Advertisement

Mochamad Soffin Hadi, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY mengungkapkan bahwa dengan bantuan pengolahan sampah ini kembali menegaskan komitmen PLN untuk berkontribusi dalam pelestarian lingkungan.

“Dalam momentum menyambut Ramadan ini, kami mengumumkan bahwa program TJSL pengolahan sampah ini telah berhasil dilaksanakan secara 100 perseb dan sudah dapat beroperasi menghasilkan RDF secara bertahap. PLN berharap program ini dapat memberi manfaat nyata bagi masyarakat dan lingkungan,” jelas Soffin.

Soffin menambahkan bahwa dalam program ini selain bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Magelang PLN juga menggandeng Institut Teknologi (IT) PLN dan PLN Indonesia Power untuk mengembangkan alternatif solusi penyelesaian permasalahan sampah melalui alternatif energi ramah lingkungan.

PLN secara materiil memberikan bantuan berupa sarana prasarana pengolahan sampah dan penambahan bangunan pendukung tempat pengolahan sampah yang telah dilaksanakan secara bertahap sejak Agustus 2023. Selanjutnya, PLN bersama IT PLN memberikan pelatihan serta pendampingan kepada pelaksana proses pengolahan sampah dari Desa Tanjungsari selama 3 bulan dari Januari hingga Maret 2024. Pada tahap terakhir, hasil pengolahan yang telah menjadi RDF akan disalurkan pada PLN Indonesia Power tepatnya PLTU Adipala untuk digunakan sebagai bahan bakar.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Peningkatan Kapasitas (PSPK) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang, Uswatun Wulandari memberikan apresiasi tinggi terhadap PLN atas bantuan TJSL pengolahan sampah menjadi RDF ini. "Tepuk tangan untuk PLN. Kami sangat berterima kasih sekali atas bantuan yang diberikan oleh PLN pada program pengolahan sampah menjadi RDF ini karena membantu pemerintah Kabupaten Magelang untuk mengatasi permasalahan sampah," jelas Wulandari.

Wakil Rektor IV bidang Kerja Sama IT PLN Pawenary menyatakan kolaborasi dan sinergi PLN Group ini diharapkan dapat mengurangi penumpukan sampah dan dapat berjalan berkelanjutan supaya bermanfaat bagi lingkungan. "Kolaborasi PLN Group antara PLN, IT PLN dan PLN Indonesia Power ini telah berjalan dengan baik dan diharapkan dapat berjalan berkelanjutan serta dapat dijalankan pada di tempat lain," jelas Pawenary. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puncak Hari Tari, Ratusan Penari Meriahkan Jogja Joged di Museum Gunung Api Merapi

Sleman
| Selasa, 30 April 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement