Advertisement

Daop 6 Yogyakarta Batalkan 4 Perjalanan KA Imbas Banjir di Semarang

Anisatul Umah
Kamis, 14 Maret 2024 - 13:17 WIB
Ujang Hasanudin
Daop 6 Yogyakarta Batalkan 4 Perjalanan KA Imbas Banjir di Semarang Seorang pengendara sepeda motor melintas di depan Gereja Blenduk di kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah yang tengah banjir, Kamis (14/3/2024). (Antara - I.C. Senjaya)\\r\\n\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta membatalkan 4 perjalanan kereta api (KA) imbas banjir di Semarang, tepatnya di Petak Jalan Semarang Tawang - Alastua, Emplasement Stasiun Semarang Tawang, dan Petak Jalan Mangkang - Kaliwungu.

Empat KA dibatalkan perjalanannya di antaranya:

Advertisement

1. KA 161 (Joglosemarkerto) relasi Solobalapan-Tegal
2. KA 162 (Joglosemarkerto) relasi Tegal-Solobalapan
3. KA 207F (KA Banyubiru) relasi Solobalapan-Semarang Tawang
4. KA 210F (KA Banyubiru) relasi Semarang Tawang-Solobalapan

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro mengatakan terjadi genangan di tiga titik tersebut sejak Kamis dini hari dengan ketinggian lebih dari 10 cm di atas kop rel. Sehingga tidak memungkinkan untuk dilewati perjalanan kereta api.

Akibatnya Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng saat ini tidak dapat melayani naik dan turun penumpang sampai dengan kondisi banjir teratasi. Kejadian tersebut juga berdampak pada KA-KA yang melewati Daop 6 dan mengarah ke tujuan Semarang.

"Daop 6 Yogyakarta meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan kereta api yang perjalanannya terdampak banjir di wilayah Semarang," ucapnya dalam keterangan resminya, Kamis (14/03/2024).

BACA JUGA: Penumpang KA di Stasiun Semarang Dialihkan ke Stasiun Poncol

Selain itu, beberapa KA yang semestinya lewat jalur Utara dialihkan perjalanannya melalui lintas Selatan Solo-Yogyakarta-Kroya-Purwokerto- Cirebon. KA KA yang dialihkan melalui jalur Selatan, antar lain 10 KA ke arah Jakarta seperti KA Harina, Pandalungan, Brawijaya, Sembrani, Parcel Utara, Argo Bromo Anggrek, Kertajaya, Dharmawangsa, Majapahit, Blambangan.

"Kemudian untuk KA KA ke arah Surabaya ada 8, Jayabaya, Sembrani, Pandalungan, Majapahit, Argo Bromo Anggrek, Harina, Parcel Utara, Gumarang," jelasnya.

Bagi para pelanggan yang perjalanan KA nya terimbas, KAI memberikan kompensasi sesuai regulasi yang berlaku baik berupa Service Recovery maupun pengembalian tiket hingga 100% tidak termasuk biaya pesan.

Proses pembatalan dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket. Untuk syarat dan detail ketentuan selengkapnya, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

"Kami atas nama manajemen dan seluruh jajaran KAI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan. Saat ini petugas KAI terus berupaya secara maksimal agar seluruh perjalanan KA dapat kembali normal," lanjutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Berpulang, Okky Madasari : Karyanya Akan Selalu Relevan

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement