Advertisement

Dukung Pendidikan Digital Pesantren XL Axiata Salurkan Bantuan Router dan Kuota Data di DIY dan Jawa Tengah

Media Digital
Rabu, 20 Maret 2024 - 09:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Dukung Pendidikan Digital Pesantren XL Axiata Salurkan Bantuan Router dan Kuota Data di DIY dan Jawa Tengah Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa (kedua dari kiri), Chief Home Officer XL Axiata, Bernard Ho Swee Keong (kedua dari kanan), Group Head People Journey XL Axiata, Rylld Ipbtas Yusri (kiri), Group Head Central Region XL Axiata, Arif Farhan Budiyanto (kanan), dan Pimpinan Ponpes Riyadhul Quran, Ustadz Rohmanto, L.c (ketiga dari kanan) pada penyerahan bantuan secara simbolis yang digelar di Sleman, Senin (18/03 - 2024). Ist

Advertisement

SLEMAN—Dalam upaya mendukung pemerintah memperkuat infrastruktur pendidikan di Indonesia, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali memberikan kontribusi penting melalui penyaluran bantuan router dan kuota data kepada sejumlah pondok pesantren (ponpes) di berbagai wilayah Indonesia.

Langkah ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam memperkuat pendidikan digital di lingkungan pesantren di tengah momentum Ramadan 1445 H di tahun ini. Masing-masing router dilengkapi dengan paket data sebesar 240GB selama 1 tahun yang akan disalurkan selama bulan Ramadan kepada sejumlah ponpes/yayasan yang tersebar di beberapa kota. Penyaluran pertama diserahkan kepada Ponpes Riyadhul Qur’an dari Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Advertisement

BACA JUGA: Jelang Mudik Lebaran 2024, Banyak Lampu Penerangan Jalan di Sleman Rusak

Turut hadir pada penyerahan di Sleman, Senin (18/03), Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Chief Home Officer XL Axiata, Bernard Ho Swee Keong, Group Head People Journey XL Axiata, Rylld Ipbtas Yusri, dan Group Head Central Region XL Axiata, Arif Farhan Budiyanto.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa menyatakan seiring dengan semakin meluasnya infrastruktur jaringan kami di seluruh Indonesia, yang sebagian di antaranya juga menjangkau area pedesaan. "Kami tentu berharap bisa ikut mendorong peningkatan literasi digital masyarakat desa, termasuk juga mendukung digitalisasi di kalangan pondok pesantren. Hal ini sejalan dengan komitmen kami untuk mendukung program pemerintah dalam berbagai hal, khususnya kemajuan pendidikan di lingkungan ponpes. Saat ini XL Axiata menargetkan kalangan pesantren untuk menerima program peningkatan literasi digital agar bisa menjadi penggerak ekonomi digital di pedesaan," katanya melalui siaran pers, Rabu (20/3/2024)

"Kami menyadari pentingnya peningkatan kualitas pendidikan melalui pemanfaatan teknologi digital, khususnya di pesantren. Oleh karena itu, XL Axiata berinisiatif memberikan bantuan berupa router dan kuota data total 240GB selama 12 bulan untuk mendukung hal tersebut. Kami percaya bahwa dengan bantuan ini, pesantren bisa lebih siap dalam menyambut era digital dan menghasilkan lulusan yang kompeten di dunia modern”, ujar I Gede Darmayusa.

Selain di DIY, ponpes yang terpilih menerima donasi ini tersebar di berbagai provinsi, antara lain Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, hingga Sulawesi Utara. Bantuan yang diberikan diharapkan tidak hanya memperlancar akses informasi dan pengetahuan untuk santri dan pengajar, tetapi juga membuka peluang lebih luas bagi pesantren untuk mengintegrasikan sistem pembelajaran digital dalam kurikulum mereka.

Pimpinan Ponpes Riyadhul Qur’an, Ustadz Rohmanto, L.c, menambahkan bahwa, para penerima manfaat dalam hal ini ponpes tentunya sangat menyambut baik program Gerakan Donasi Kuota (GDK) ini. Pesantren saat ini berlomba-lomba untuk memberikan pendidikan terbaik kepada para santrinya. Dengan hadirnya bantuan ini tentunya akan sangat membantu pesantren untuk lebih berkembang lagi.

Bantuan router dan paket data sebesar 20GB yang disalurkan selama satu tahun ini juga mencerminkan upaya XL Axiata dalam mendukung program GDK yang merupakan langkah nyata perusahaan dalam membantu pemerataan pendidikan digital di Indonesia.

Dengan kerjasama yang baik antara XL Axiata dan organisasi lokal, instansi pemerintah, serta tokoh masyarakat, diharapkan distribusi dan implementasi sumber daya ini dapat terlaksana dengan efektif. Bantuan yang diberikan XL Axiata ini tidak hanya merupakan ungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, tetapi juga sebagai bagian dari komitmen jangka panjang untuk mendukung percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Donasi sembako ke 75 titik

Sementara itu, pada Ramadan tahun ini, melalui program XL Axiata Peduli, perusahaan kembali menyalurkan donasi sembako ke 60 titik yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk di DIY dan Jawa Tengah sendiri. Penyaluran paket sembako ini menjadi bagian dari upaya silaturahmi yang terus dijalin oleh XL Axiata dengan masyarakat di masing-masing daerah.

Tidak hanya donasi dari perusahaan, melalui program XL Axiata Baik, karyawan bersama Majelis Taqlim XL Axiata (MTXL) juga memberikan perhatian kepada masyarakat di masing-masing daerah dengan turut menyalurkan paket donasi sembako kepada ponpes/yayasan di 15 titik yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Manajemen tentunya ingin menciptakan budaya karyawan untuk peduli terhadap lingkungan sekitarnya dan semoga hal baik ini dapat menginspirasi dan menciptakan domino effects untuk hal-hal baik lainnya yang bermanfaat.

“Bagaimana pun juga, kami telah menjadi bagian dari masyarakat DIY dan Jawa Tengah sejak lebih dari 20 tahun lalu. Untuk itu silaturahmi perlu kami jaga terus, baik dalam wujud memberikan layanan telekomunikasi dan data terbaik, juga melalui program-program sosial seperti ini. Kami berharap akan terus bisa memberikan dukungan kepada DIY hingga Jawa Tengah melalui berbagai kesempatan sesuai dengan bidang keahlian kami, termasuk peningkatan literasi digital masyarakat hingga ke pelosok pedesaan”, imbuh Gede lebih jauh.

Hingga akhir 2023, di seluruh wilayah DIY dan Jawa Tengah, XL Axiata mengoperasikan infrastruktur jaringan berupa total lebih dari 18.390 ribu BTS, termasuk lebih dari 12.000 ribu BTS 4G. Khusus Daerah Istimewa Yogyakarta, XL Axiata mengoperasikan lebih dari 2.400 BTS, termasuk lebih dari 1.570 BTS 4G. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo di Mata Tetangga, Low Profile dan Aktif Jadi Pengurus RT

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement