Advertisement

Tiket Pesawat Domestik Mahal Bikin Wisatawan Lebih Pilih Luar Negeri Ketimbang ke Jogja

Anisatul Umah
Senin, 15 April 2024 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Tiket Pesawat Domestik Mahal Bikin Wisatawan Lebih Pilih Luar Negeri Ketimbang ke Jogja Tiket pesawat / Ilustrasi freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mahalnya harga tiket pesawat terbang dinilai menjadi alasan banyaknya wisatawan lokal yang memilih berkunjug ke luar negeri ketimbang tetap melancong di Indonesia, termasuk juga di DIY.

Plh Ketua DPD Association of The Indonesian Tour and Travel Agencies (Asita) DIY, Edwin Himna mengatakan harga tiket sangat memengaruhi tren kunjungan wisata ke DIY.

Advertisement

Berdasarkan pantauan Asita DIY, kata dia, tidak ada lonjakan istimewa saat momen libur Lebaran ini. Ada beberapa kedatangan tamu dari Malaysia dan Singapura meski tidak banyak.

Pasalnya sejak awal sudah diinformasikan akan ada gangguan lalu lintas saat momen libur Lebaran, sehingga banyak yang mengalihkan jadwal kedatangan mereka pada Mei mendatang. "Sekarang harga tiket pesawat juga gila-gilaan, terus terang itu jadi kendala wisatawan mau ke sini," ucapnya, Senin (15/4/2024).

Dia menyebut harga tiket pesawat sangat berpengaruh pada kunjungan wisatawan di DIY. Banyak yang beralih ke jalur darat, sehingga tidak terdeteksi Asita.

BACA JUGA: Soal Pelanggaran Batas Harga Tiket Pesawat, Menhub: Akan Diberi Sanksi

Lebih lanjut dia menyebut kenaikan harga tiket pesawat sangat besar pengaruhnya. Penurunannya bisa sampai 80%. Tiket pesawat ke luar negeri yang lebih murah membuat wisatawan domestik mengalihkan tujuan wisatanya ke sana.

Edwin mengatakan ini menjadi ancaman bagi wisatawan domestik yang mau ke DIY khususnya dari Sumatra. Dia menjelaskan dari Sumatra ke Kuala Lumpur tiketnya bisa dibeli dengan harga sekitar Rp300.000 sehingga dengan rentang Rp500.000-Rp750.000 sudah bisa untuk pulang pergi.

Sementara ke DIY, kata dia, butuh Rp3 juta. "Ke Jogja harus habiskan Rp3 juta pulang pergi, ini harga terendah," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Nobar Lesehan bareng Warga, Sultan Bilang Begini Usai Timnas Kalah di Semifinal Piala Asia U-23

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement