Advertisement

Wisata DIY Lesu, Ini Saran Asita untuk Perbaikan Sektor Pariwisata

Anisatul Umah
Rabu, 17 April 2024 - 12:07 WIB
Maya Herawati
Wisata DIY Lesu, Ini Saran Asita untuk Perbaikan Sektor Pariwisata Suasana Jalan Malioboro saat long weekeng dipadati oleh wisatawan domestik dan mancanegara, Kamis (29/6 - 2023). Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—DPD Association of The Indonesian Tour and Travel Agencies (Asita) DIY menyampaikan beberapa saran untuk memperbaiki sektor wisata di DIY. Plh Ketua DPD Asita DIY, Edwin Himna mengatakan saat ini banyak wisatawan yang masuk ke DIY melalui jalur darat, sehingga masalah ini perlu jadi salah satu perhatian.

Menurutnya apabila ditemukan jalan rusak perlu ada kerjasama dengan pemerintah setempat di lokasi destinasi. Sehingga mengurangi kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan. "Wisatawan yang masuk ke Jogja ini memang kebanyakan melewati jalur darat," ucapnya, Rabu (17/4/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Stok Darah dan Jadwal Donor Darah di Wilayah DIY 17 April 2024

Kemudian dia berharap pemerintah bisa memantau dari sisi keamanan di setiap destinasi. Jangan sampai terjadi komplain, sebab apapun komplainnya saat ini masyarakat lebih memilih memviralkan daripada menyampaikannya langsung.

Apabila hal ini tidak diperhatikan, dia menyebut bisa menjadi boomerang bagi pariwisata DIY. Akan mengurangi niat orang berkunjung ke DIY. "Karena apapun komplainnya sekarang kan langsung viral diviralkan ini," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan destinasi wisata di tempat lain saat ini juga sendang banyak yang dikembangkan. Masing-masing punya keistimewaan. Sehingga ini perlu diwaspadai oleh Dinas Pariwisata masing-masing daerah. "Rata-rata semua daerah, Jawa Tengah juga sedang berbenah, tarik wisatawan masuk ke tempat mereka," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

BMKG Prediksi Cuaca Jogja Hari Ini Cerah dengan Suhu Mencapai 33 Derajat Celcius

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement