Advertisement

Banyak yang Mudik Pakai Mobil Listrik, Transaksi di SPKLU Naik Lima Persen

Lukman Nur Hakim
Minggu, 21 April 2024 - 16:07 WIB
Maya Herawati
Banyak yang Mudik Pakai Mobil Listrik, Transaksi di SPKLU Naik Lima Persen Kendaraan listrik / Ilustrasi freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Transaksi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) tercatat naik hingga 5% saat arus mudik dan balik Lebaran 2024. Menurut PT PLN  warga makin banyak yang mudik dengan menggunakan mobil listrik.

PLN sebelumnya telah menyiapkan 1.299 unit SPKLU yang tersebar di 879 lokasi guna memenuhi kebutuhan pengisian daya pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

Advertisement

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, penyediaan SPKLU memang menjadi salah satu fokus utama yang diperhatikan perseroan dalam libur Idulfitri tahun ini. Terlebih, animo penggunaan kendaraan listrik yang makin meningkat.

"PLN menjawab kebutuhan itu dengan menyediakan fasilitas SPKLU di setiap titik strategis dan seluruh rest area tol di jalur mudik. Kita ingin masyarakat merasakan pengalaman mudik yang aman dan nyaman menggunakan kendaraan listrik," kata Darmawan dalam keterangan tertulis, Minggu (21/4/2024).

Tercatat, hingga H+7 Idulfitri tahun 2024, jumlah transaksi di SPKLU mencapai 11.377 transaksi atau meningkat 5 kali lipat dibandingkan tahun 2023 yang sebanyak 2.275 transaksi.

BACA JUGA: Penyelenggara Pemilu Wajib Patuhi Putusan MK, Bawaslu: Kami Harus Siap

Sejalan dengan peningkatan transaksi di SPKLU, jumlah konsumsi listrik juga ikut meningkat. Realisasi konsumsi listrik di SPKLU hingga H+7 Idulfitri 2024 mencapai 226,5 Mega Watt hour (MWh), atau meningkat 5,2 kali lipat dibandingkan tahun 2023 sebesar 43,5 MWh.

“Selama masa mudik Idul Fitri, kami juga menyiagakan lebih dari 3.500 petugas di setiap SPKLU yang membantu pengguna mobil listrik saat melakukan pengisian daya, sehingga pengguna mobil listrik bisa semakin nyaman,” ucapnya.

Lebih lanjut, Darmawan memprediksi pengguna kendaraan listrik akan terus meningkat setiap tahun.  Untuk itu PLN akan terus memastikan SPKLU yang ada bisa beroperasi dengan optimal, sehingga pengguna kendaraan listrik tetap nyaman dalam melakukan perjalanan jauh.

“Tahun ini menjadi pengalaman manis bagi pengguna kendaran listrik. Kami yakin dengan pengalaman tahun ini, tahun depan akan semakin banyak pemudik yang menggunakan kendaraan listrik. Dan kami pastikan, PLN siap memberikan layanan terbaik,” ujar Darmawan. (Sumber: Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Antusiasme Pelamar Tinggi, KPU Kota Jogja Sebut Kebutuhan PPK Pilkada 2024 Telah Terpenuhi

Jogja
| Sabtu, 04 Mei 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement