Advertisement

Dorong Laju Transisi Energi, PLN Kampanyekan Kendaraan Listrik pada Peringatan Hari Bumi 2024 Jawa Tengah

Media Digital
Selasa, 23 April 2024 - 09:57 WIB
Maya Herawati
Dorong Laju Transisi Energi, PLN Kampanyekan Kendaraan Listrik pada Peringatan Hari Bumi 2024 Jawa Tengah PLN Group turut berpartisipasi dalam acara Peringatan Hari Bumi 2024 yang digelar Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) di Dieng bersama pemerintah daerah Jawa Tengah pada Senin (22/4/2024). Dengan mengusung SPKLU dan Electric Vehicle (EV) dalam gelaran bertema Green Dieng: Unveiling Geopark Wonders for Tomorrow ini, PLN menunjukkan komitmen untuk terus mendukung program pemerintah dalam mencapai Net Zero Emission (NZE). - ist - PLN

Advertisement

WONOSOBO—PLN Group turut berpartisipasi dalam acara Peringatan Hari Bumi 2024 yang digelar Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) di Dieng bersama pemerintah daerah Jawa Tengah pada Senin (22/4/2024).

Dengan mengusung SPKLU dan Electric Vehicle (EV) dalam gelaran bertema Green Dieng: Unveiling Geopark Wonders for Tomorrow ini, PLN menunjukkan komitmen untuk terus mendukung program pemerintah dalam mencapai Net Zero Emission (NZE).

Advertisement

Sesuai dengan semangat Peringatan Hari Bumi 2024 yang bertujuan mengedukasi seluruh masyarakat untuk turut berperan aktif melestarikan lingkungan hidup, PLN mengampanyekan Electric Vehicle (EV) dengan energi ramah lingkungan dalam acara ini. PLN juga mengambil momentum ini untuk menyatakan dukungan terhadap Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam program transisi energi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, beliau menyampaikan apresiasi terhadap langkah nyata PLN dalam menciptakan ekosistem energi ramah lingkungan.

“PLN sedang mengkampanyekan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Provinsi Jawa Tengah serta pembangunan infrastruktur kendaraan listrik termasuk Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Jawa Tengah. Ini adalah beberapa langkah yang sedang dan akan terus kita lakukan," tutur Nana.

Heru Sugiharto, Ketua Panitia Pelaksana Peringatan Hari Bumi 2024 Jawa Tengah, yang juga Kepala Cabang Dinas ESDM Wilayah Slamet Selatan menyampaikan apresiasi pada PLN atas sinergi dan kerja sama yang telah terbangun dalam mendukung transisi energi di Jawa Tengah.

"Kami dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Dinas ESDM), kita sangat membutuhkan sinergi yang bagus dengan semua apalagi dengan PLN selaku BUMN yang menangani infrastruktur kendaraan listrik. Kami juga sudah punya kendaraan listrik, dan akan punya SPKLU di kantor Dinas ESDM dan Insya Alloh ke depan kerja sama ini akan terus kita kembangkan," jelas Heru.

BACA JUGA: Jadwal Pemadaman Listrik Jogja dan Sekitarnya Selasa 23 April 2024, Cek Lokasi!

Mochamad Soffin Hadi, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY mengungkapkan, PLN terus membangun infrastruktur dan ekosistem untuk mendukung pemanfaatan energi baru terbarukan, salah satunya dengan menggenjot pembangunan SPKLU.

“Hadirnya PLN Group dalam Peringatan Hari Bumi 2024 Jawa Tengah ini kita jadikan sebagai momentum untuk terus mendorong memanfaatkan energi hijau (Green Energy) energi baru terbarukan, khususnya di Jawa Tengah," kata Soffin.

Sebagai langkah nyata mendukung transisi energi, hingga saat ini PLN telah berhasil membangun  Electric Vehicle (EV) Charger yaitu Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sebanyak 110 unit pada 64 titik lokasi, serta Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) sebanyak 465 unit pada 92 titik lokasi tersebar di seluruh wilayah Jateng-DIY.

Tak berhenti di situ, PLN juga memberikan kemudahan bagi pengguna kendaraan listrik berupa promo diskon tarif penggunaan layanan pengisian daya kendaraan listrik di rumah atau home charging station dari pukul 22.00 sampai dengan jam 05.00 pagi. Promo ini berlaku sampai 31 Desember 2024. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

BMKG: Sebagian Besar Kota Besar Diprediksi Hujan, Termasuk Jogja

Jogja
| Sabtu, 25 Mei 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Kyoto Jepang Larang Turis Kunjungi Distrik Geisha di Gion, Ini Alasannya

Wisata
| Kamis, 23 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement