Advertisement

16 Chef dan 16 Food & Beverage Leaders Bertarung dalam Merebutkan Piala Bergengsi Archipelago Black Box Battle

Media Digital
Jum'at, 24 Mei 2024 - 10:47 WIB
Sunartono
16 Chef dan 16 Food & Beverage Leaders Bertarung dalam Merebutkan Piala Bergengsi Archipelago Black Box Battle 16 Chef dan 16 Food & Beverage Leaders Bertarung dalam Merebutkan Piala Bergengsi Archipelago Black Box Battle

Advertisement

JOGJA—Archipelago International yang merupakan perusahaan manajemen hotel terbesar di Asia Tenggara, kembali mengadakan “Archipelago Black Box Battle” yang kali ini diadakan di The Alana Hotel & Convention Center Yogyakarta. Acara ini merupakan acara rutin yang sudah ke-7 kali diadakan, sebelumnya acara ini diadakan di berbagai hotel unit jaringan Archipelago di kota lain.

Acara ini sukses diadakan pada tanggal 22 Mei 2024, dengan diikuti oleh 16 F&B Leaders dan 16 Executive Chef dari hotel unit Archipelago di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kompetisi ini menguji para peserta untuk menunjukan spontanitas dan kreatifitas mereka dalam mengolah makanan dan minuman dari bahan - bahan rahasia yang disiapkan dalam kotak hitam (black box).

Advertisement

Hasil olahan mereka juga harus sesuai dengan bahan rahasia yang disediakan yaitu untuk para chef harus memakai bahan- yang disediakan yaitu lamb rack, labu, tamarin dan buncis, sedangkan para F&B Leaders dapat menggunakan dua dari tiga bahan yang disediakan; alpukat, teh melati, dan daun pandan.

“Kami senang dapat menyelenggarakan Archipelago Black Box Battle yang kedua di tahun 2024 untuk mengasah bakat kuliner dari Executive Chef dan FB Leaders dari hotel -hotel di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Para peserta menciptakan hidangan dan minuman inovatif menggunakan bahan-bahan rahasia dari kotak hitam misterius. Kami bangga atas dedikasi para peserta yang diharapkan dapat menginspirasi mereka untuk terus berkarya dan memotivasi mereka untuk unggul dalam kreasi kuliner” ujar Winston Hanes selaku Vice President of Operations of Archipelago International.

Black Box Battle ini selain merupakan acara kompetisi untuk menunjukan keterampilan para peserta dalam mengolah sajian yang inovatif, juga sebagai ajang berbagi ilmu dari manajemen Archipelago kepada hotel unitnya untuk meningkatkan kualitas dibidang food & beverage.

Dalam kompetisi ini diambil 3 pemenang setiap kategorinya. Pada kategori food battle pemenangnya jatuh kepada Chef Anas Harsanto - Harper Malioboro Yogyakarta sebagai juara pertama, Chef Arif Suryadi - The Alana Malioboro Hotel & Conference Center sebagai juara kedua, dan Chef Firmansyah - Royal Malioboro by ASTON & Hotel Neo Malioboro sebagai juara ketiga.

Selanjutnya untuk kategori beverage battle pemenangnya jatuh kepada Joko Susilo - favehotel Rembang sebagai juara pertama, Dicky Lutfiabdi - Quest Prime Pemuda Semarang sebagai juara kedua, dan Iis Martanti - Harper Malioboro Yogyakarta sebagai juara ketiga. Para pemenang diberikan penghargaan berupa Charles Brookfield Trophy untuk juara Satu, John Flood Trophy untuk juara dua serta Piala Favorite Winner untuk juara ketiga. Selain itu para pemenang juga mendapatkan sertifikat, uang tunai, dan hadiah dari pendukung acara.

“Acara ini cukup menegangkan karena para peserta harus mendapatkan ide dalam mengolah makanan yang disesuaikan dengan tema acara serta bahan masakan dalam kurun waktu yang singkat. Saya harap para Chef yang akan mengikuti acara Archipelago Black Box Battle di waktu mendatang, dapat lebih berinovasi dalam menciptakan olahan makanan yang otentik.”, ujar Chef Anas Harsanto - Harper Malioboro Yogyakarta selaku juara pertama dalam kategori food battle.

Selain itu, Joko Susilo - favehotel Rembang sebagai peraih juara pertama kategori beverage battle turut memberikan ucapan terima kasih dan harapan bagi Archipelago Black Box Battle. “Kejuaraan ini menjadi motivasi bagi diri saya dalam meningkatkan kualitas dan keahlian dalam pekerjaan saya sehari-hari.

Disela acara, Chef Denny Frederick selaku Executive Chef Corporate Archipelago International Central & East juga menerangkan tujuan diadakannya Black Box Battle ini, “Kami sangat senang menyelenggarakan Black Box Battle sebagai bagian dari komitmen Archipelago International dalam meningkatkan kualitas dan keahlian dalam mengolah makanan dan minuman. Kompetisi unik ini tidak hanya menyoroti bakat F&B Leaders dan chef, tetapi juga mempromosikan mwarisan kuliner yang kaya di Indonesia. Kami berharap dapat menyaksikan kreativitas dan inovasi dari para peserta dalam
memamerkan keahlian mereka dengan bahan-bahan rahasia di dalam black box”. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.archipelagointernational.com dan ikuti @archipelagointernational di Instagram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Libur Iduladha 2024, Warga Antusias Mengikuti Hajad Dalem Garebeg Besar Keraton Yogyakarta

Jogja
| Selasa, 18 Juni 2024, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement