Advertisement

Harper Malioboro Yogyakarta Mendapatkan Juara 1 Archipelago Black Box Battle

Media Digital
Jum'at, 24 Mei 2024 - 11:07 WIB
Sunartono
Harper Malioboro Yogyakarta Mendapatkan Juara 1 Archipelago Black Box Battle Harper Malioboro Yogyakarta Mendapatkan Juara 1 Archipelago Black Box Battle. - Istimewa.

Advertisement

JOGJA—Hotel Harper Malioboro Yogyakarta, hotel berbintang empat yang terletak di Jalan Mangkubumi No. 52 Yogyakarta ini baru saja menuai prestasi yang luar biasa di ajang Archipelago Black Box Battle yang diadakan oleh Archipelago International di The Alana Yogyakarta Hotel & Conference Center pada hari Rabu, 22 Mei 2024.

Pada event tersebut, Hotel Harper Malioboro Yogyakarta mendapatkan juara pertama untuk Black Box Battle - Food Category yang diikuti oleh Executive Chef Harper Malioboro - Anas Harsanto, dan berhasil mengalahkan 16 Executive Chef dari hotel-hotel unit Archipelago International di area Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Advertisement

Kegiatan Black Box Battle merupakan event rutin yang diadakan oleh Archipelago International dan kompetisinya diikuti oleh para Executive Chef dan juga Food & Beverage Manager dari hotel yang berada di bawah naungan Archipelago International. Menarinya dari kompetisi memasak ini adalah setiap peserta akan diberikan kotak hitam yang berisi bahan rahasia, di mana setiap peserta ditantang untuk membuat sebuah kreasi menu dari bahan rahasia tersebut. Karena bahannya rahasia dan diketahui oleh peserta ketika perlombaan dimulai, spontanitas dan kreativitas para peserta sangat dituntut untuk mengolah menjadi sebuah menu masakan yang lezat dan juga out of the box.

Pada event Black Box Battle kali ini, bahan rahasia yang harus diolah oleh para Executive Chef yang bertanding adalah lamb rack, asam jawa, labu dan juga baby green bean. Executive Chef Harper Malioboro Yogyakarta secara spontan mengeluarkan kreatifitasnya dengan mengolah daging lamb rack menjadi Sate Buntel Kambing, dan hasil kreasi menu tersebut berhasil memboyong Juara Pertama. Selain karena menu olahan dari Executive Chef - Anas Harsanto ini paling unik dan juga paling kreatif dibandingkan peserta yang lain, cita rasa dari menu yang dibuat pun sangat sempurna, menurut para juri.

“Karena konsep dan tema dari perlombaan ini adalah nusantara food, jadi saya memilih untuk mengolah lamb rack menjadi sate buntel, karena sate buntel adalah salah satu makanan authentic dari Yogyakarta dan juga Solo. Menu tersebut wajib kita lestarikan dan kita publikasikan ke khalayak luas terutama di dunia kuliner profesional”, ucap Anas Harsanto selaku Executive Chef dari Harper Malioboro Yogyakart

Selama enam puluh menit waktu pertandingan, Chef Anas Harsanto dengan gesit memotong dan menghaluskan daging kambing yang menjadi bahan utama perlombaan yang kemudian dicampur dengan berbagai bumbu dan juga air asam, di mana air asam jawa ini dapat membantu mengempukkan potongan daging yang keras dan memecah serat dalam daging.

Menu sate buntel kambing yang mendapatkan juara pertama di ajang Archipelago Black Box Battle ini rencananya akan dijadikan menu promo di Hotel Harper Malioboro Yogyakarta untuk bulan depan, sehingga para masyarakat yang ingin mencicipi hasil kreasi Executive Chef Harper Malioboro dapat langsung datang dan memesan menu tersebut di Hotel Harper Malioboro Yogyakarta.

Selain itu, dalam ajang Archipelago Black Box Battle kali ini, Hotel Harper Malioboro Yogyakarta juga mendapatkan juara ketiga untuk kategori kreasi minuman yang diikuti oleh Food & Beverage Manager - Iis Martanti yang mengolah minuman dari bahan buah alpukat, teh tubruk dan juga daun pandan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Libur Iduladha 2024, Warga Antusias Mengikuti Hajad Dalem Garebeg Besar Keraton Yogyakarta

Jogja
| Selasa, 18 Juni 2024, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement