Advertisement

Malioboro Mall Adakan Event Edukatif Earth Festival 2024

Media Digital
Jum'at, 24 Mei 2024 - 17:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Malioboro Mall Adakan Event Edukatif Earth Festival 2024 Menjelang akhir Mei, Malioboro Mall mengadakan Earth Festival 2024 yang berlangsung pada 24 Mei-26 Mei 2024. Istimewa - Malioboro Mall

Advertisement

JOGJA—Menjelang akhir Mei, Malioboro Mall mengadakan Earth Festival 2024. Event yang berlangsung pada 24 Mei-26 Mei 2024 ini memiliki panggung utama di Lantai 1 dan panggung mini di Lantai 2. Bekerja sama dengan INLA, pada event ini para pengunjung mal dapat menjumpai bazar kuliner vegan, berbagai kegiatan edukatif, aneka lomba, beragam hiburan, dsb.

Earth Festival 2024 memiliki berbagai kegiatan yang berlangsung sehari penuh. Setiap harinya, selama event berlangsung, para pengunjung mal disuguhi dengan bazar kuliner vegan di Lantai 1. Menuju ke lokasi bazar vegan berlangsung, para pengunjung mal dapat juga menyaksikan eartharium yang berisi instalasi seni dari barang bekas. Bagi para pengunjung mal yang ingin mencicipi berbagai kuliner vegan yang tersedia di area Lantai 1 dapat membeli tiket makan di booth panitia selama acara berlangsung dan juga di customer service mal. Bazar ini juga menyediakan doorprize bagi para pembeli tiket makan dengan hadiah utama berupa motor listrik. Sementara itu, berbagai produk vegan friendly nonmakanan juga dapat dijumpai di Lantai 1 dan Lantai 2 pada booth-booth yang tersedia di sepanjang railing mal.

Advertisement

Selain bazar kuliner vegan, setiap hari event dipadati dengan berbagai kegiatan. Pada hari pertama event, para pengunjung dapat menjumpai kegiatan donor darah yang berlangsung mulai pukul 12.00 WIB di Lantai 3 mal bersama PMI Kota Jogja. Pada kegiatan ini tersedia juga layanan cek tekanan darah dan cek gula darah gratis dari Parahita. Cek mata gratis serta layanan service kaca mata gratis dari Akur Optic 55 juga dapat ditemui.

Selanjutnya, pada pukul 13.30 WIB di Lantai 1 mal berlangsung kegiatan Lomba Daur Ulang berbarengan dengan pelaksanaan Lomba Earth Speech di Lantai 2. Talkshow Jogja Darurat Sampah dengan narasumber Erwan Widyarto yang merupakan Sekretaris Paguyuban Bank Sampah DIY, Soenarwan Hery Poerwanto, S.Si.,M.Kes. yang merupakan Dosen dan Kepala Satgas Sampah Fakultas Biologi UGM, Dra. Epiphana Kristiyani, M.M yang merupakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman, Achmad Musyaddad dari Tim Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia PWNU DIY yang juga merupakan penginisiasi Policy Brief Yogya Merdeka Sampah serta pelaku seni Iwan Wijono berlangsung mulai pukul 16.00 WIB di Lantai 1. Pada petang hari, talkshow Climate Change, Vegan & Lifestyle dengan narasumber Prof. Prasasto Satwiko, Ph.D. penulis buku “Saya Vegan”, Dr. Augustinus Madyana Putra, S.T., M.Sc. yang merupakan Ketua Program Studi Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dan penyanyi Rhea Asmara dapat dijumpai pada pukul 19.40 WIB.

Hari kedua event Earth Festival 2024 dimulai dengan kegiatan lari 5K Fun Run for Earth yang berlangsung mulai pukul 06.00 WIB bersama Playon Jogja dengan garis start dan finish di Malioboro Mall. Selanjutnya pada pukul 10.00 WIB di Lantai 1 berlangsung seminar Ngobrol Eco Enzyme Bareng Ahlinya bersama dr. Lusia Anggraini, MPH yang merupakan Ketua EEN DIY Tim Litbang EEN, Dra. Nike Triwahyuningsih, MP selaku Dosen Fakultas Kehutanan INTAN Yogyakarta yang juga Tim Litbang EEN, dan Dra. Fimelia, Apt yang merupakan Sekretaris EEN DIY.

Sesudahnya, seminar bertajuk Vegan: Past, Present, and Future bersama Max Elnathan Mandias selaku CEO dan Co-Founder Burgreens & Green berlangsung pada pukul 12.35 WIB di Lantai 1 berbarengan dengan workshop kombucha di Lantai 2 yang dibawakan oleh dr. Lusia Anggraini, MPH dan manager Fortunate Coffee; Jeffrey Candra, S.T..

Pada sekitar pukul 14.35 WIB di Lantai 1 mal Vegan Cooking Demo yang digawangi oleh Green Rebe dapat disaksikan. Saat jarum jam menunjuk pukul 16.00 WIB Lomba Steamm Academy yang berupa Final Coding Command Robot berjalan di Lantai1. Setelah lomba ini usai, Coswalk Competition Sekai O Iyasu Matsuri berlangsung di Lantai 1 mulai pukul 18.30 WIB.

Hari terakhir Earth Festival dimeriahkan dengan Aksi Membuat 1000 Liter Eco Enzyme di parkiran Malioboro Mall mulai pukul 07.00 WIB yang disusul dengan workshop Sabun Bar dan Karbol Alami di Lantai 2 oleh Eco Enzyme Nusantara pada pukul 10.00 WIB.

Di waktu yang sama, Lomba Mewarnai Menjaga Lingkungan dan Lomba Menggambar Harmonisasi Alam dan Manusia juga berjalan di Lantai 1. Menginjak tengah hari, talkshow bertajuk Komunitas Lintas Agama Bergerak Memelihara Bumi diadakan pada pukul 13.00 WIB dengan moderator Indria Rukmana dan pembicara dari Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia; Kuswijoyo Mulyo, Ester Kusumawati dari Young Interfaith Peacemaker Community, Nur Maulida dari Srikandi Lintas Iman, Wiwin Rohmawati dari Forum Kerukunan Umat Beragama DIY, dan Gusdurian; Masturido.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan Lomba Earth Voice mulai pukul 15.20 WIB. Di waktu yang sama, di Lantai 2 berlangsung workshop jamu yang dipandu oleh Bambang Purnomo dari MLKI DIY. Pada petang hari di Lantai 1 seminar bersama Dr. Susianto Tseng dan Seto Mulyadi diselenggarakan dengan tajuk Keajaiban Pola Makan Nabati dan Mendidik Anak dengan Bahagia Mengonsumsi Sayur & Buah mulai pukul 18.20 WIB.

Malioboro Mall berharap event Earth Festival 2024 tidak hanya menjadi hiburan dan memberikan atmosfer belanja yang unik dan berkesan bagi pengunjung mal tetapi juga dapat menjadi sarana edukasi. Sebagai pengingat, bagi masyarakat yang ingin berkunjung dan mengikuti kegiatan Earth Festival 2024, lokasi mal berada di Jl. Mataram, tepatnya belok kiri sebelum Jl. Perwakilan. Informasi lebih lanjut mengenai event yang berlangsung di mal dapat diperoleh di Instagram @malioboromall. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

DPC PDI Perjuangan Kota Jogja Solid Siap Menjaga Harkat, Martabat dan Kehormatan Partai

Jogja
| Selasa, 18 Juni 2024, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement