Advertisement

Setelah Jakarta & Surabaya, Pertamax Green 95 Bakal Dijual di Jawa Tengah

Lukman Nur Hakim
Minggu, 26 Mei 2024 - 15:37 WIB
Arief Junianto
Setelah Jakarta & Surabaya, Pertamax Green 95 Bakal Dijual di Jawa Tengah Ilustrasi SPBU. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pertamina Patra Niaga terus memperluas distribusi dari Pertamax Green 95 atau campuran Pertamax (RON 92) dengan kandungan 5% etil alkohol (EA) atau etanol. Mereka kini bakal menjual Pertamax Green 95 di area Jawa Tengah.

Adapun, Pertamax Green 95 sudah memiliki izin niaga dan dijual dimulai di 10 SPBU di Surabaya, serta 5 SPBU di Jakarta dengan harga yang bersaing dengan bahan bakar bensin RON 95.

Advertisement

Untuk di Surabaya, Pertamax Green 95 dijual di SPBU Jemursari, Soetomo, Mulyosari, Merr, Ketintang, Karang Asem, Mastrip, Citra Raya Boulevard, Juanda, dan Buduran.  Untuk di Jakarta, Pertamax Green 95 bisa dibeli di SPBU MT Haryono, Fatmawati 1 dan Fatmawati 2, Lenteng Agung, dan di SPBU Sultan Iskandar Muda Kebayoran. 

Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo mengatakan, sudah ada 65 SPBU yang menjual Pertamax Green 95 di sekitar Jakarta, Surabaya, dan Malang per April 2024. “Sudah sekitar 65 titik, Jakarta, Surabaya, sampai Malang. [Malang] masih sedikit, tetapi [fokus] masih di Jakarta dan Surabaya,” kata Mars Ega dikutip, Minggu (26/5/2024).

Selain di ketiga wilayah tersebut, Mars Ega menyampaikan bahwa pihaknya akan memperluas pasar distribusi Pertamax Green 95 ini ke beberapa wilayah.

Hanya saja dia tak merinci daerah mana saja yang bakal menjadi pasar distribusi Pertamax Green 95. Akan tetapi dirinya menyebut salah satu daerah yang diincar adalah wilayah Jawa Tengah. “Tetapi kami akan ekspansi di Surabaya ke arah selatan. Mungkin Jawa Tengah ya [tujuan distribusi Pertamax Green 95],” ujarnya.

BACA JUGA: Diuji Coba Mulai Bulan Depan, Ternyata Ini Bahan Baku Bioetanol

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal memperluas jangkauan uji coba pasar atau market trial Pertamax Green 95, campuran Pertamax (RON 92) dengan kandungan 5% etil alkohol (EA) atau etanol.

Direktur Bioenergi Kementerian ESDM Edi Wibowo mengatakan, sepanjang tahun lalu, uji coba pasar telah menyasar pada 17 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) milik PT Pertamina (Persero). 

“Jadi sekarang kami masih lanjutkan market trial di 2024 ini untuk menambahkan SPBU-nya,” kata Edi saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (5/2/2024). 

Di sisi lain, Edi mengatakan, kementeriannya masih berkoordinasi dengan badan fiskal ihwal pembebasan bea cukai etanol untuk mendorong ekspansi ritel produk BBM anyar Pertamax Green 95 tersebut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Isu Perjodohan Calon Pasangannya di Pilkada Sleman Kian Santer, Begini Reaksi Kustini

Sleman
| Senin, 17 Juni 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement