Advertisement

PLN Terus Melanjutkan Transformasi untuk Solusi Energi

Media Digital
Rabu, 28 Agustus 2024 - 20:52 WIB
Abdul Hamied Razak
PLN Terus Melanjutkan Transformasi untuk Solusi Energi Manager PLN UP3 Yogyakarta Pundhi Nugroho Jati saat mengikuti Talkshow Kemerdekaan RI bertema Semangat Baru Indonesia Maju melalui live streaming Youtube Harian Jogja dan Star FM pada Rabu (28/8 - 2024).

Advertisement

JOGJA—Transformasi yang dilakukan PLN juga tidak kalah penting untuk menyongsong Indonesia masa depan dan kemandirian energi. Setelah berhasil menjalankan transformasi 1.0 kini PLN melanjutkan ke transformasi 2.0.

Manager PLN UP3 Yogyakarta Pundhi Nugroho Jati mengatakan bahwa PLN ingin menjadi Global Top 500 World Class Company atau masuk dalam 500 perusahaan dunia dan menjadi perusahaan yang memiliki solusi energi. Mimpi tersebut akan dicapai melalui growth moonshot.

Advertisement

"Salah satu moonshot adalah PLN harus mampu membangun ekosistem EV atau kendaraan listrik. Kami memiliki kemampuan soal itu," katanya saat mengikuti Talkshow Kemerdekaan RI bertema Semangat Baru Indonesia Maju melalui live streaming Youtube Harian Jogja dan Star FM pada Rabu (28/8/2024).

Selain Pundhi, narasumber yang hadir adalah GM Telkom Witel Yogya Jateng Selatan Agus Faisal, Eksekutif General Manajer PT Pos Indonesia Kantor Cabang Utama Pos Yogyakarta Sujatmiko dan Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro. Kegiatan yang didukung oleh Telkom Indonesia itu dimoderatori oleh Deputi Direktur Harian Jogja Nugroho Nurcahyo.

Dia menjelaskan, di Kulonprogo sebagai wajah Jogja sudah disediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). "Kami terus berupaya mengembangkan EV ekosistem. Salah satunya SPKLU. Total secara nasional ada 616 unit sementara di Jogja ada 8 SPKLU yang tersebar di sejumlah titik," katanya.

Di Jogja, perkembangan kendaraan listrik cukup pesat. Sejak 2019 hingga kini, kata Pundhi, tercatat sebanyak 2.327 motor listrik sementara roda empat sebanyak 452 unit. "Makanya selain SPKLU, kami juga menyediakan home charging untuk pengguna mobil listrik di rumah. Pengguna mendapatkan 30 persen dan biaya penyambungan spesial," katanya.

Pihaknya juga menyediakan SPBKLU atau stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum khusus untuk sepeda motor. Total terdapat 1.101 unit SPBKLU di Indonesia. "Ini terkait dengan perkembangan bisnis PLN. Ada juga digital moonshot seperti PLN Mobile. Itu super aplikasi kami dan transformasi dari PLN," katanya.

PLN mobile ini menjadi sarana yang sangat membantu masyarakat dengan berbagai informasi yang dibutuhkan masyarakat. Mulai pembayaran dan pembelian token listrik, lokasi SPKLU, dan fitur lainnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Bandara dari Stasiun Tugu Jogja-Bandara YIA atau dari Bandara YIA ke Stasiun Tugu Jogja

Jogja
| Sabtu, 21 September 2024, 02:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement