Advertisement

Jangan Asal Otak-atik Meteran Listrik, Simak Akibatnya

Media Digital
Rabu, 11 September 2024 - 17:57 WIB
Maya Herawati
Jangan Asal Otak-atik Meteran Listrik, Simak Akibatnya General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY, Mochamad Soffin Hadi. - ist - PLN

Advertisement

SEMARANG—Meter listrik merupakan alat kelistrikan yang saat ini hampir selalu ada pada tiap rumah/ bangunan, instrumen ini berfungsi sebagai alat pengukuran listrik yang dipakai oleh pelanggan.

Meter listrik memiliki beberapa jenis, fungsi dan kegunaan, namun secara garis besar terdapat dua jenis meter listrik yang ada di masyarakat yaitu meter listrik Prabayar (token) dan Paskabayar.

Advertisement

Sering kali dalam praktik di masyarakat pelanggan merasa perlu mengotak-atik meter listrik, entah karena rasa ingin tahu atau bahkan terkadang ada pelanggan yang bermaksud memengaruhi pengukuran. Banyak Pelanggan yang belum mengetahui bahwa meter listrik adalah milik PT PLN (Persero) sehingga yang berwenang membuka/ memperbaiki meter listrik adalah PLN.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY, Mochamad Soffin Hadi menyampaikan bahwa meter listrik merupakan milik PLN, dan hanya PLN yang berhak membuka segel dan melakukan perbaikan/maintenance.

"Masih ada Pelanggan yang beranggapan pembayaran biaya pasang baru dan Uang Jaminan Langganan (UJL) lalu otomatis meter listrik adalah menjadi milik pelanggan. Pada kesempatan ini kami sampaikan dan sosialisasikan bahwa batas kewenangan pelanggan adalah instalasi listrik setelah Meter Circuit Breaker (MCB), untuk MCB, meter listrik dan kabel sebelumnya hingga ke tiang listrik merupakan wewenang dan milik PLN," jelas Soffin.

Soffin menyampaikan dengan demikian pelanggan tidak diperbolehkan mengotak-atik meteran listrik apalagi hingga merusak segel, membuka, serta menambahkan peralatan tertentu yang mempengaruhi pengukuran.

BACA JUGA: Kulonprogo Kekurangan 173 Dokter Spesialis untuk Rumah Sakit

"Pengukuran di meter listrik selalu dipantau dan dicek oleh PLN agar berfungsi normal dan baik. Bahkan telah diatur secara detail di Undang-Undang nomor 2 tahun 1981 tentang Metrologi Legal," ungkap Soffin.

Sesuai Undang-undang nomor 30 tahun 2009 mengenai Ketenagalistrikan jo. Keputusan Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM nomor 539.K/TL.04/DJL.3/2023 tentang Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL), Pelanggan dilarang keras melakukan tindakan yang berpotensi mempengaruhi pengukuran di meter listrik. Jika diketahui dan terbukti maka Pelanggan dapat dikenakan sanksi denda hingga pidana.

Lebih lanjut Soffin menambahkan pelanggan diminta berhati-hati apabila ada orang yang mengatasnamakan Petugas PLN maupun Biro Teknik Listrik (BTL) yang mampu mengurangi tagihan listrik dengan cara mempengaruhi pengukuran di meteran. Menurutnya petugas PLN yang asli pasti hadir ke pelanggan dengan seragam resmi, kartu tanda pengenal, serta surat tugas resmi.

Ketua Lembaga Pembinaan dan Perlindungan Konsumen (LP2K) Jateng, Abdun Mufid menyampaikan Pelanggan harus berhati-hati dengan oknum yang tidak bertanggung jawab dan merugikan konsumen di kemudian hari.

"Kami mengimbau pelanggan lebih berhati-hati dengan oknum. Jika ada petugas yang mendatangi rumah Pelanggan harus bisa dipastikan jelas identitas dan kelengkapannya, jangan sampai pelanggan pusing apalagi jika dikenakan sanksi/ denda oleh PLN di kemudian hari," kata Mufid.

Mufid menambahkan jika membeli rumah second, cek segera kondisi meter nya dengan menghubungi PLN, jika terdapat permasalahan di meter tunda dulu transaksi hingga penjual menyelesaikan kewajibannya dengan PLN.

Lebih lanjut Ia mengatakan PLN tidak menjual box meter/aksesori lain yang mewajibkan seluruh pelanggan membeli. Jika ada, dapat dipastikan hal tersebut merupakan penipuan.

Jika terdapat permasalahan kelistrikan atau sekadar ingin melakukan cek kelistrikan di rumah, PLN menyediakan beberapa opsi kanal layanan pengaduan seperti telepon ke contact center 123, aplikasi PLN Mobile, Direct Message (DM) ke media sosial @pln123_official maupun mendatangi Unit Layanan PLN terdekat. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Damri Titik Nol Malioboro Jogja ke Pantai Baron Gunungkidul Kamis 19 September 2024

Jogja
| Kamis, 19 September 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement