Advertisement

Long Weekend Maulid Nabi, GIPI DIY: Wisatawan Naik di Atas 50%

Anisatul Umah
Sabtu, 14 September 2024 - 11:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Long Weekend Maulid Nabi, GIPI DIY: Wisatawan Naik di Atas 50% Lalu lintas di Simpang Jembatan Kewek terlihat padat pada Jumat (29/12/2023). - Harian Jogja - Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY menyebut kunjungan wisata ke DIY pada long weekend Maulid Nabi melonjak signifikan, di atas 50% jika dibandingkan hari-hari biasa.

Ketua GIPI DIY, Bobby Ardianto mengatakan long weekend kali ini cukup mendongkrak kunjungan wisata DIY di mana bulan ini mestinya sudah masuk low season.

Advertisement

BACA JUGA: Kota Jogja Kejar Peningkatan Lama Tinggal Wisatawan Jadi 2 Hari

Dia menjelaskan wisatawan yang berkunjung ke DIY didominasi kalangan keluarga dan individu. Mayoritas masih dari pulau Jawa yang aksesnya mudah dan jaraknya relatif dekat.

"Kalau kami melihat beberapa report dari teman-teman akomodasi, lonjakannya cukup signifikan," kata Bobby dihubungi, Sabtu (14/9/2024).

Menurutnya sepanjang long weekend liburnya tanpa jeda maka dampaknya akan signifikan pada kunjungan wisata. Seperti akhir pekan ini yang liburnya tiga hari berturut.

Lebih lanjut dia mengatakan biasanya pelaku wisata sudah hafal dengan pola lonjakan wisata seperti saat ini. Mereka menyiapkan produk dan layanan dengan baik. Terbukti dengan adanya sedikit tambahan event di sekitar hotel dan lainnya.

"Sesuaikan dengan kondisi, itu artinya ekosistemnya menyesuaikan dengan pola-pola seperti itu," jelasnya.

Bobby mengatakan meski terjadi deflasi empat kali di sepanjang tahun ini tidak menyurutkan niat masyarakat berwisata. Kemauan dan daya beli masih ada. "Kalau positioning di Jawa sendiri dimudahkan dengan infrastruktur dan aksesibilitas."

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Deddy Pranowo
mengatakan per hari ini Sabtu, (14/9/2024) lonjakan reservasi hotel pada 14-15 September 2024 sudah mencapai 75%-80%. Menurutnya ini lonjakan luar biasa karena melebihi target 75%.

"Semoga terus bertambah dengan yang datang langsung ke hotel," harapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Siap Fasilitasi Jaminan Kesehatan dan Sosial untuk Penyelenggara dan Pengawas Pilkada Bantul

Bantul
| Rabu, 18 September 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement