Advertisement

Stasiun Tugu Jogja Makin Cantik, Proyek Beaufitikasi Tahap 1 Rampung

Anisatul Umah
Selasa, 22 Oktober 2024 - 17:27 WIB
Maya Herawati
Stasiun Tugu Jogja Makin Cantik, Proyek Beaufitikasi Tahap 1 Rampung Progres Beautifikasi Stasiun Yogyakarta. - ist - Stasiun Tugu

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta menyebut proyek beautifikasi Stasiun Yogyakarta tahap 1 akan rampung pada akhir November 2024 mendatang.

Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro mengatakan beautifikasi merupakan bentuk pelestarian stasiun cagar budaya.

Advertisement

Menyesuaikan kebutuhan fungsi saat ini dan tetap memperhatikan standar pelayanan minimum di stasiun. Dia menjelaskan upaya pelestarian unsur cagar budaya seperti penonjolan bangunan utama, penggantian lantai dengan granit dan marmer, penggunaan kaca patri, penambahan pencahayaan khusus, penataan lanskap, penyelarasan area komersial, dan penggantian font nama stasiun.

"Daop 6 juga mengutamakan pelayanan kepada pelanggan dapat berjalan dengan lancar dan selamat sehingga semua dapat berjalan berdampingan," ucapnya, Selasa (22/10/2024).

Krisbiyantoro mengatakan tampilan terkini di Stasiun Yogyakarta, pertama pada bagian fasad. Nilai heritage stasiun yang telah berusia 137 tahun tersebut masih terjaga. Menunjukkan bahwa beautifikasi telah sesuai dengan Undang-undang Nomor 11 tahun 2010 Tentang Cagar Budaya.

BACA JUGA: Walhi Jogja Desak Kajian Ulang Pembangunan JJLS di Gunungkidul Usai Penemuan Gua

Fasad Stasiun Yogyakarta terlihat cantik dengan didukung area pejalan kaki yang diberikan kanopi dengan ornamen batik serta lampu-lampu yang menghiasi lantai halaman Stasiun Yogyakarta.  

Kedua, Hall Timur di mana KAI memberikan sentuhan arsitektur art deco pada desainnya. Ketika pengunjung memasuki Hall Stasiun Yogyakarta akan merasakan gaya modern yang anggun dan elegan dengan ornamen-ornamen seperti kaca patri, lampu gantung, dan ornamen geometris lainnya.

"Pemilihan warna juga dilakukan sedemikian rupa sehingga menguatkan karakter art deco yang bersih dan rapi," jelasnya.

Dan terakhir adalah area komersial. KAI melakukan penataan sehingga area komersial masih dengan gaya art deco sehingga saat ini menjadi lebih rapi dan bersih.

Area-area lain yang sudah dapat kita lihat hasil beautifikasinya seperti area VIP, area ATM, dan area cetak tiket KA Antar Kota yang saat ini berada lebih dekat dengan boarding gate, dan lainnya.

"Beautifikasi ini diharapkan juga dapat menambah kenyamanan serta daya tarik pengunjung, sekaligus mendukung pengembangan konektivitas stasiun," tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan setelah tahap 1 rampung, akan segera dilanjutkan untuk tahap 2. Dia menjelaskan untuk tahap 2 ruang lingkupnya yakni pekerjaan pada bagian ruang kerja pendukung operasi KA dan ruang tunggu Lounge Anggrek. Lalu penataan mekanik elektrik (lighting) secara keseluruhan stasiun dan penataan ruang lingkup peron dan emplasemen stasiun.

"Betul saat ini tahap pertama sampai akhir November. [tahap 2] akan berlanjut setelah tahap 1," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Realisasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Gunungkidul Baru Mencapai 23%

Gunungkidul
| Selasa, 22 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement