Advertisement

Hotel dan Wisata DIY Kecipratan Berkah Pembekalan Menteri Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang

Anisatul Umah
Kamis, 24 Oktober 2024 - 18:47 WIB
Sunartono
Hotel dan Wisata DIY Kecipratan Berkah Pembekalan Menteri Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang Menteri dan kepala lembaga badan tinggi negara menjalani pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10/2024). - ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pariwisata DIY kecipratan berkah pembekalan Menteri, Wakil Menteri, dan kepala lembaga Kabinet Merah Putih di Magelang 24-27 Oktober 2024. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Deddy Pranowo Eryono mengatakan ada peningkatan reservasi antara 5% hingga 10% dampak dari kegiatan tersebut.

Dia menjelaskan lonjakan reservasi terjadi di Kabupaten Sleman dan Kota Jogja. Dari mulanya 35-40% saat ini naik menjadi 45-50% untuk periode 24-27 Oktober 2024.

BACA JUGA : Prabowo Boyong Menteri Kabinet ke Akmil, Hunian Hotel di Magelang Melonjak Drastis

Advertisement

Menurutnya, selain berwisata ke Magelang dampak dari kegiatan ini juga mendongkrak kunjungan wisata di DIY. "Tapi kebanyakan keluarga-keluarga menteri, semoga saja reservasi akan terus bertambah," ucapnya, Kamis (24/10/2024).

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY, Bobby Ardianto mengatakan pendamping-pendamping dari para Menteri ada yang berwisata ke DIY dan sekitarnya. Tujuannya berwisata kuliner dan UMKM. Dia menjelaskan lokasi yang akan dikunjungi adalah Kabupaten Sleman dan Kota Jogja. "Pergerakan wisata [ke Jogja] ada, tapi tidak signifikan," kata Bobby.

Owner ISP Transport, Muhammad Fajrul Falaq mengungkapkan pihaknya juga terdampak dari kegiatan ini. Ada dua kendaraannya yang disewa yakni Hiace Premio. Mereka menyewa dengan pilihan warna putih.

BACA JUGA : Perhatian! Objek Wisata Gunung Tidar Magelang Tutup Sementara pada 22-27 Oktober 2024

Ia mengatakan kendaraan tersebut disewa selama empat hari sejak kemarin, Rabu (23/10/2024). Menurutnya terkait pemilihan warna putih merupakan permintaan dari pusat. "Kalau peningkatan jumlah sewa iya, ada 2 [yang disewa]. Sementara 4 hari, belum tahu nambah lagi atau tidak," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bawaslu Bantul Beri Perlindungan Kerja kepada Pengawas Pilkada

Bantul
| Jum'at, 25 Oktober 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement