Advertisement

Bank Wakaf Mikro Berbunga 3% untuk Tekan Kemiskinan

Dara Aziliya
Jum'at, 06 April 2018 - 13:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Bank Wakaf Mikro Berbunga 3% untuk Tekan Kemiskinan Karyawan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) beraktivitas di ruang layanan Konsumen, Kantor OJK, Jakarta, Senin (23/10). - Antara/Akbar Nugroho Gumay

Advertisement

Harianjogja.com, PURWOKERTO–Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan skema Bank Wakaf Mikro (BWM) menyediakan pembiayaan bagi masyarakat yang berpotensi memiliki usaha sendiri atau melanjutkan usahanya yang sudah ada. Kebijakan ini sebagai upaya menekan angka kemiskinan di daerah.

Bank Wakaf Mikro sendiri memiliki dana dari donatur yang menyalurkan donasi melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ) dengan besaran masing-masing BWM Rp4 miliar—Rp8 miliar. Bunga yang ditawarkan BWM cukup kecil, yaitu 3% per tahun.

Advertisement

Kepala Departemen Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan, Ahmad Sukro menjelaskan OJK dapat menetapkan bunga 3% tersebut karena dari seluruh dana yang disalurkan LAZ pada Bank Wakaf Mikro, tidak akan seluruhnya disalurkan langsung ke masyarakat.

“Dari modal pertama BWM Rp4 miliar—Rp8 miliar, tidak semuanya disalurkan ke masyarakat. Ada jumlah tertentu untuk ditanamkan di deposito sehingga menghasilkan pendapatan. Hasil deposito tersebut digunakan untuk operasional,” ujar Ahmad di Purwokerto, Kamis (5/4) malam.

Ahmad menyampaikan porsi tertentu modal yang disimpan di deposito tersebut memungkinkan masyarakat tidak perlu membayar bunga tinggi, sehingga nilainya bis mencapai hanya 3% per tahun.

Dengan pinjaman maksimal Rp1 juta, masyarakat hanya perlu membayar Rp20.000 selama 52 minggu atau satu tahun.

Berdasarkan data yang dipublikasikan OJK, hingga 31 Maret 2018 lalu, Bank Wakaf Mikro telah memiliki 20 cabang, dengan 3.876 nasabah dengan total nilai pembiayaan yang disalurkan sebanyak Rp3,63 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement