Kuartal Pertama Sandang Untung, Lebaran Laba Diprediksi Berlipat

Kuartal Pertama Sandang Untung, Lebaran Laba Diprediksi BerlipatIlustrasi belanja Lebaran. - Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya
10 April 2018 16:30 WIB M. Richard Ekbis Share :
Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia

Harianjogja.com, JAKARTA--Selama Februari-Maret, penjualan sandang mengalami peningkatan signifikan. Saat Ramadan dan Lebaran, situasi tersebut diprediksi akan berlipat ganda.

Berdasarkan Survei Bank Indonesia, indeks penjualan riil (IPR) pada Februari tumbuh 1,5% (yoy), meningkat dari -1,8% (yoy) pada bulan sebelumnya. Peningkatan penjualan terutama terjadi pada kelompok barang lainnya, terutama subkelompok komoditas sandang yang meningkat hingga 10,2% (yoy).

Pada Maret IPR tumbuhan sebesar 1,7% yoy. Peningkatan penjualan masih didorong oleh pertumbuhan penjualan kelompok barang lainnya, terutama subkelompok komoditas sandang yang tumbuh hingga mencapai 11,5% (yoy).

Menanggapi survei tersebut, Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat mengatakan peningkatan penjualan ritel merupakan hal yang wajar, karena sudah memasuki bulan puasa dan libur Lebaran. "Itu hasilnya wajar wajar-wajar saja sih," katanya kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, Selasa (10/4/2018).

Bahkan, katanya, memasuki puncak Lebaran nanti pertumbuhan penjualan diperkirakan akan mencapai hingga 25%. Situasi ini diperkirakan terjadi pada April dan Mei. Hanya, dia meminta pemerintah untuk dapat mensinkronisasi antara peraturan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, karena sering terjadi ambatan berusaha di daerah.

"Kita kesatuan, kalau dalam pelaksanaannya adalah otomoni daerah, yang masih ada raja-raja kecil," imbuhnya.

Sumber : Bisnis Indonesia

Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia