UMKM Perlu Melek Literasi Keuangan, Berikut Manfaatnya

Salah satu narasumber memaparkan materi dalam Training of Trainers Peningkatan Pemahaman Literasi Keuangan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY dan Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) yang digelar di Hotel Neo Awana, Selasa (17/4). - Harian Jogja/ Holy Kartika N.S
17 April 2018 11:30 WIB Holy Kartika Nurwigati Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY dan Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) menggelar Training of Trainers Peningkatan Pemahaman Literasi Keuangan. Pelatihan ini dilakukan untuk mendorong peningkatan pemahaman UMKM terhadap pentingnya literasi keuangan.

"Kehadiran KKMB adalah untuk menjembatani UMKM agar dapat memiliki pemahaman tentang literasi keuangan dan akses ke perbankan," ujar Kepala Kantor OJK DIY, Untung Nugroho saat membuka pelatihan tersebut di Hotel Neo Awana, Selasa (17/4).

Pembiayaan permodalan melalui KUR dari perbankan selama ini dinilai masih belum diakses secara menyeluruh oleh UMKM. Untuk dapat mendorong UMKM mengakses kredit perbankan ini, penting dilakukan upaya dalam memahamkan mereka tentang literasi keuangan.

Sekretaris KKMB DPD DIY, Jamarudin menambahkan selama ini dari puluhan ribu UMKM, baru 20% yang melek literasi keuangan. Sedangkan data OJK pada 2016 mencantumkan 30%.

"Masih sangat banyak UMKM yang belum mengakses perbankan dan memiliki literasi keuangan yang baik. Pembinaan yang kami lakukan, yakni mendorong usaha UMKM serta memberikan pemahaman akan pentingnya memisahkan uang modal dengan uang pribadi," jelas Jamarudin.