Advertisement

Inflasi Selama Libur Lebaran Tak Bisa Dihindari

Rheisnayu Cyntara
Jum'at, 04 Mei 2018 - 13:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Inflasi Selama Libur Lebaran Tak Bisa Dihindari Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. - IST

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Pusat Statistik (BPS) menilai inflasi saat cuti bersama saat libur panjang Lebaran tidak dapat dihindari. Pasalnya permintaan (demand) dipastikan naik dibandingkan hari-hari biasa. 

Hal tersebut disampaikan Kepala BPS DIY, JB Priyono kepada Harian Jogja, Kamis (3/5). Menurutnya kenaikan inflasi memang terpola setiap tahunnya. Pada periode Februari-Maret, biasanya inflasi masih terkendali. Begitu pula pada Maret-April karena bertepatan dengan panen raya. Ketika memasuki masa Ramadan hingga lebaran pada Mei-Juni, inflasi mulai terlihat. Sebab ada perbandingan supply demand yang tidak seimbang. Dengan banyaknya pendatang dari luar kota, bisa dipastikan permintaan pun akan meningkat drastis. 

Advertisement

"Mau tidak mau memang tidak bisa dihindari karena permintaan pasti akan lebih banyak dari hari-hari biasanya. Ini terjadi setiap tahun," katanya. 

Priyono mengimbau khususnya pada para pelaku usaha untuk bersiap-siap menghadapi kenaikan permintaan tersebut. Caranya dengan memperbanyak pasokan bahan pokok yang dibutuhkan, sehingga kelangkaan bisa diatasi sejak awal. Priyono juga menyebut kenaikan harga saat libur panjang lebaran juga pasti terjadi. Sebab pelaku usaha rata-rata harus menambah jam kerja dan memberikan uang tambahan bagi para karyawannya. Terkait penjaminan kelangkaan bahan pokok saat lebaran, menurutnya hal tersebut selalu dilakukan oleh TPID untuk memastikan inflasi bisa ditekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Sabtu 20 April 2024: Normalisasi Tanjakan Clongop hingga Kuota CPNS

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement