Advertisement

Garuda, Citilink, dan Lion Naik Kelas Setelah Larangan Terbang ke Eropa Dicabut

Rivki Maulana
Sabtu, 16 Juni 2018 - 09:25 WIB
Nugroho Nurcahyo
Garuda, Citilink, dan Lion Naik Kelas Setelah Larangan Terbang ke Eropa Dicabut Penumpang bersiap menaiki pesawat maskapai penerbangan Garuda Indonesia di Bandara Frans Kaisiepo Biak, Papua, Selasa (29/10/2013). - Bisnis/Dwi Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan melansir peringkat tiga maskapai Indonesia melejit seiring dengan pencabutan larangan terbang oleh Uni Eropa.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan ketiga maskapai yang mengalami kenaikan peringkat adalah Garuda Indonesia, Citilink, dan Lion Air.

Advertisement

"Kalau tidak salah naik dari Bintang 3 ke Bintang 7," jelasnya saat acara ‘open house’ Idulfitri di Komplek Widya Chandra, Jakarta, Jumat (15/6/2018).

Budi Karya menyebut pencabutan larangan terbang merupakan prestasi yang tak mudah digapai. Industri penerbangan, lanjutnya, merupakan industri yang sarat regulasi.

Di sisi lain, industri penerbangan saat ini tidak berada dalam fase puncak, sehingga operasional maskapai sangat ketat. Kendati demikian, Kementerian Perhubungan selaku regulator tetap mengawasi industri sesuai dengan koridor regulasi industri internasional yang rigid. Tak ayal, upaya itu membuahkan penilaian yang positif di mata internasional, sehingga industri penerbangan Indonesia kini dianggap lebih aman.

"Saya katakan kepada maskapai, mereka boleh berpesta tapi harus juga introspeksi," tukasnya.

Untuk diketahui, Uni Eropa telah menerbitkan Daftar Keselamatan Penerbangan Uni Eropa terbaru yang berisi daftar maskapai penerbangan yang tidak memenuhi standar keselamatan internasional, sehingga dilarang terbang ke Eropa.

Seluruh maskapai penerbangan Indonesia yang tersertifikasi tidak tercantum dalam daftar tersebut, sehingga dibolehkan terbang ke Eropa karena dinilai telah memperbaiki aspek keselamatan penerbangan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kulonprogo
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement