Hebat, sejak Ada Operasi Penenggelaman Kapal, Produksi Perikanan Indonesia Tertinggi di Asean

Hebat, sejak Ada Operasi Penenggelaman Kapal, Produksi Perikanan Indonesia Tertinggi di AseanSusi Pudjiastuti - Antara/Sigid Kurniawan
21 September 2018 18:37 WIB Newswire Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Operasi penenggelaman kapal yang dilakukan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti disebut-sebut ada dampak yang terlihat. Susi mengatakan produksi perikanan terus meningkat. Bahkan pada level Asean, Indonesia menduduki posisi pertama.

Menurutnya, meningkatnya produksi ikan dalam negeri karena didukung kebijakan penenggelaman kapal yang dilakukan pemerintah.

"Jadi, kita nomor satu jauh meninggalkan negara-negara yang lain. Maka itu jangan suka bilang kegiatan penenggelaman kapal bikin rusak ekonomi perikanan," kata Susi di Kementerian Kelautan Perikanan, Jakarta, Jumat (21/9/2018).

Dia menjelaskan, penenggelaman kapal pencuri ikan membuat hasil laut Indonesia terus meningkat. Di mana membuat nelayan tidak hanya memperoleh tangkapan ikan-ikan kecil tetapi lebih kepada ikan-ikan besar yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

"Jika jumlah volumenya menurun tapi nilainya naik. Berarti penangkapan kita sudah benar bukan hanya sampah yang diangkat ikan ikan kecil saja. Karena policy kita kapal cantrang beralih alat tangkap. Dapat kakap merah yang Rp60.000 sampai Rp Rp70.000," ungkapnya.

Susi berharap kebijakan penenggelaman kapal ini seharusnya tidak lagi menjadi perdebatan dan polemik. Pihaknya mengajak seluruh pihak agar bersama-sama terus meningkatkan produksi perikanan baik perikanan budidaya maupun perikanan tangkap.

"Kita harapkan akhir tahun akan ada pelonjakan karena musim ikan itu wilayah timur, kalau hujan reda penangkapan bagus mulai Oktober. Jawa selatan juga sama baru musim hujan ini udang, ikan, lobster pada keluar," pungkasnya.

----

Sumber : okezone.com