Advertisement

Hebat, sejak Ada Operasi Penenggelaman Kapal, Produksi Perikanan Indonesia Tertinggi di Asean

Newswire
Jum'at, 21 September 2018 - 18:37 WIB
Nina Atmasari
Hebat, sejak Ada Operasi Penenggelaman Kapal, Produksi Perikanan Indonesia Tertinggi di Asean Susi Pudjiastuti - Antara/Sigid Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Operasi penenggelaman kapal yang dilakukan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti disebut-sebut ada dampak yang terlihat. Susi mengatakan produksi perikanan terus meningkat. Bahkan pada level Asean, Indonesia menduduki posisi pertama.

Menurutnya, meningkatnya produksi ikan dalam negeri karena didukung kebijakan penenggelaman kapal yang dilakukan pemerintah.

Advertisement

"Jadi, kita nomor satu jauh meninggalkan negara-negara yang lain. Maka itu jangan suka bilang kegiatan penenggelaman kapal bikin rusak ekonomi perikanan," kata Susi di Kementerian Kelautan Perikanan, Jakarta, Jumat (21/9/2018).

Dia menjelaskan, penenggelaman kapal pencuri ikan membuat hasil laut Indonesia terus meningkat. Di mana membuat nelayan tidak hanya memperoleh tangkapan ikan-ikan kecil tetapi lebih kepada ikan-ikan besar yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

"Jika jumlah volumenya menurun tapi nilainya naik. Berarti penangkapan kita sudah benar bukan hanya sampah yang diangkat ikan ikan kecil saja. Karena policy kita kapal cantrang beralih alat tangkap. Dapat kakap merah yang Rp60.000 sampai Rp Rp70.000," ungkapnya.

Susi berharap kebijakan penenggelaman kapal ini seharusnya tidak lagi menjadi perdebatan dan polemik. Pihaknya mengajak seluruh pihak agar bersama-sama terus meningkatkan produksi perikanan baik perikanan budidaya maupun perikanan tangkap.

"Kita harapkan akhir tahun akan ada pelonjakan karena musim ikan itu wilayah timur, kalau hujan reda penangkapan bagus mulai Oktober. Jawa selatan juga sama baru musim hujan ini udang, ikan, lobster pada keluar," pungkasnya.

----

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Takbir Keliling di Bantul Boleh tetapi Terbatas, Tak Boleh Ada Petasan dan Obor Api

Bantul
| Selasa, 19 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement