Advertisement

Wisata Budaya Masih Jadi Magnet Wisman

Rheisnayu Cyntara
Selasa, 04 Desember 2018 - 21:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Wisata Budaya Masih Jadi Magnet Wisman Sejumlah seniman saat menampilkan sendratari Ramayana Purawisata di Kompleks Purawisata Jogja, Jumat (10/8/2018). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Wisata budaya masih jadi magnet penarik wisatawan mancanegara untuk datang ke Jogja. Wisatawan dari Belanda, Spanyol, Italia, Malaysia, dan Thailand masih mendominasi kunjungan hingga akhir tahun ini.

Ketua Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies Asita DIY, Udhi Sudiyanto menuturkan wisatawan Eropa dan Asia masih mendominasi kunjungan tahun ini. Mereka masih sangat meminati wisata budaya yang menjadi andalan Jogja. Objek wisata seperti candi, museum, dan keraton jadi yang paling banyak didatangi. Udhi memprediksi tren untuk tahun depan pun akan demikian. "Belanda saya kira masih akan ada di tingkat teratas," katanya kepada Harian Jogja, Senin (3/12).

Advertisement

Udhi menambahkan saat New Yogyakarta International Airport (NYIA) mulai beroperasi pada tahun depan, pihaknya memprediksi wisatawan Timur Tengah juga akan banyak berdatangan ke Jogja. Begitu pula dengan wisatawan Eropa Timur yang mengambil direct flight dari wilayah Timur Tengah yang relatif dekat dengan mereka. Karena itu, Udhi mengaku Asita sangat gencar menjalin relasi dengan tour operator di luar negeri.

Mitra tour operator di luar negeri inilah yang akan memasarkan pariwisata Jogja di negaranya masing-masing. Promosi dan penjenamaan paket wisata akan disampaikan oleh mereka sebagai penyedia jasa yang terkoneksi dengan pengusaha travel agent lokal Jogja. Nantinya jika mendapatkan konsumen, mereka lah yang akan berkoordinasi dengan travel agent lokal sebagai penyedia jasa di destinasi wisata.

"Kami punya sinergi dengan tour operator di banyak negara. Dari Asia hingga Eropa, hampir setiap negara ada. Maka kami tidak hanya getol memasarkan di lokal saja, kami rutin memgikuti table top hingga luar negeri untuk mempromosikan Jogja di mata dunia," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Rabu 24 April 2024: Hujan Sedang

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement