Advertisement

KUR Pariwisata Diharapkan Berdayakan UMKM

Holy Kartika Nurwigati
Senin, 10 Desember 2018 - 12:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
KUR Pariwisata Diharapkan Berdayakan UMKM Ilustrasi turis asing. - Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Skema pembiayan untuk sektor pariwisata melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pariwisata, sedianya akan diluncurkan pemerintah pada 2019 mendatang. Pembiayaan tersebut dinilai dapat mendorong pengembangan pariwisata di DIY, terutama pada sektor usaha penopang pariwisata.

"Antara lain industri yang dijalankan pelaku usaha UMKM, seperti kerajinan, industri makanan olahan hingga homestay. Diharapkan menjadi sektor yang lebih banyak diberdayakan melalui skema KUR tersebut," ujar Kepala Kanwil DJPB DIY Heru Pudyo Nugroho kepada Harian Jogja, Minggu (9/12).

Advertisement

Sebagai pembina penyaluran KUR di DIY, Dirjen Perbendaharaan Kanwil DIY siap mengawal realisasi penyaluran pembiayaan tersebut. Heru mengungkapkan agar skema pembiayaan ini dapat diakses tepat sasaran dan mengantisipasi terjadinya overlapping debitur, maka pemanfaatan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) akan dioptimalkan.

Heru menjelaskan sistem tersebut berisi database debitur potensial yang diinput oleh pemda, sehingga perbankan penyalur KUR dapat mengakses dan mendapatkan informasi akurat terkait debitur potensial yang usahanya dapat dibiayai dengan skema pembiayaan tersebut.

"Itu untuk mengantisipasi terjadinya dobel pembiayaan. Sehingga debitur yang sudah mendapatkan KUR lain tidak lagi bisa mengakses KUR Pariwisata," jelas Heru.

Sebelumnya, Kepala Biro Perekonomian dan Sumber Daya Setda DIY Sugeng Purwanto mengungkapkan KUR khusus pariwisata merupakan salah satu entry point penting yang akan dilakukan Pemda DIY di tahun depan. Pariwisata merupakan core business DIY, sehingga pemanfaatan KUR tersebut akan didorong. "Pariwisata sebagai pemicunya. Kami berharap sektor-sektor pendukung pariwisata dapat didorong memanfaatkan KUR ini," ungkap Sugeng.

Perbankan penyalur KUR yang ditunjuk pemerintah juga cukup siap untuk merealisasikan program tersebut tahun depan. Kepala BRI Kanwil DIY Hendro Padmono dalam suatu kesempatan mengungkapkan pembiayaan KUR ini cukup spesifik. Pasalnya, pembiayaan tersebut ditujukan untuk daerah-daerah yang memang memiliki potensi pariwisata yang besar. Menurut dia, Jogja merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi tersebut.

"Kota ini merupakan daerah yang memiliki banyak industri kreatif, banyak destinasi wisata, selain itu banyak guest house dan sentra-sentra usaha pariwisata yang bisa dibiayai KUR Pariwisata," papar Hendro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement