Advertisement

Impor Garam Demi Kelanjutan Dunia Industri

David Eka Issetiabudi
Rabu, 04 April 2018 - 15:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Impor Garam Demi Kelanjutan Dunia Industri Petani garam mengumpulkan butiran garam ditambaknya di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, belum lama ini. Garam tersebut dijual oleh petani ke pengepul seharga Rp100.000 per karung isi 50 kilogram. (JIBI/Bisnis Indonesia - Paulus Tandi Bone)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kebijakan impor garam tetap jalan terus demi menjaga kestabilan pasokan bahan baku bagi sektor industri.

Presiden Joko Widodo mengatakan impor garam yang dilakukan karena kebutuhan industri berbeda dengan garam yang diproduksi oleh produsen dalam negeri. “Segmennya beda, kualitasnya beda, kalau tidak impor industri kita bisa terhenti,” katanya seusai membuka Industrial Summit 2018 di Jakarta Convention Center, Rabu (4/4/2018).

Merujuk data Kementerian Perindustrian, kebutuhan garam industri nasional pada 2018 mencapai 3,7 juta ton. Kebutuhan garam akan didistribusikan ke sektor Chlor-Alkali Plant (CAP), untuk memenuhi permintaan industri kertas dan petrokimia sebesar 2.488.500 ton.

Selain itu, didistribusikan pula ke sektor farmasi dan kosmetik sebesar 6.846 ton, aneka pangan 535.000 ton. Sisanya, bahan baku garam sebanyak 740.000 ton ke sejumlah industri, seperti industri pengasinan ikan, industri penyamakan kulit, industri pakan ternak, industri tekstil dan resin, industri pengeboran minyak, serta industri sabun serta detergen.

Melihat kebutuhan tersebut, Jokowi mengaku impor garam cukup realistis. Menurutnya, meskipun konsumsi garam oleh industri hanya sebesar 2% dari total bahan baku yang dibutuhkan, barang ini begitu penting. “Banyak industri yang membutuhkan ini, tolong dibedakan garam industri dan konsumsi,” tegasnya.

Jokowi juga mengaku terus memantau kondisi harga garam nasional. Dalam penelusurannya, harga garam rakyat di sejumlah daerah terpantau stabil dan baik.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement