Advertisement

UMKM Perlu Melek Literasi Keuangan, Berikut Manfaatnya

Holy Kartika Nurwigati
Selasa, 17 April 2018 - 11:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
UMKM Perlu Melek Literasi Keuangan, Berikut Manfaatnya Salah satu narasumber memaparkan materi dalam Training of Trainers Peningkatan Pemahaman Literasi Keuangan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY dan Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) yang digelar di Hotel Neo Awana, Selasa (17/4). - Harian Jogja/ Holy Kartika N.S

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY dan Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) menggelar Training of Trainers Peningkatan Pemahaman Literasi Keuangan. Pelatihan ini dilakukan untuk mendorong peningkatan pemahaman UMKM terhadap pentingnya literasi keuangan.

"Kehadiran KKMB adalah untuk menjembatani UMKM agar dapat memiliki pemahaman tentang literasi keuangan dan akses ke perbankan," ujar Kepala Kantor OJK DIY, Untung Nugroho saat membuka pelatihan tersebut di Hotel Neo Awana, Selasa (17/4).

Advertisement

Pembiayaan permodalan melalui KUR dari perbankan selama ini dinilai masih belum diakses secara menyeluruh oleh UMKM. Untuk dapat mendorong UMKM mengakses kredit perbankan ini, penting dilakukan upaya dalam memahamkan mereka tentang literasi keuangan.

Sekretaris KKMB DPD DIY, Jamarudin menambahkan selama ini dari puluhan ribu UMKM, baru 20% yang melek literasi keuangan. Sedangkan data OJK pada 2016 mencantumkan 30%.

"Masih sangat banyak UMKM yang belum mengakses perbankan dan memiliki literasi keuangan yang baik. Pembinaan yang kami lakukan, yakni mendorong usaha UMKM serta memberikan pemahaman akan pentingnya memisahkan uang modal dengan uang pribadi," jelas Jamarudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Golkar Bantul Buka Pendaftaran Bursa Pilkada 22-24 April 2024

Bantul
| Jum'at, 19 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement