Advertisement

Lebaran Mampu Dongkrak Penjualan Elektronik

Rheisnayu Cyntara
Rabu, 13 Juni 2018 - 08:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Lebaran Mampu Dongkrak Penjualan Elektronik Pengunjung melihat barang elektronik disalah satu toko elektronik di Makassar. - Bisnis Indonesia/Paulus Tandi Bone)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jelang Lebaran, penjualan elektronik naik cukup signifikan. Hal tersebut terlihat dari animo masyarakat terhadap event Technofest yang diadakan oleh salah satu toko elektronik terbesar di Jogja, A Takrib. Bahkan jika dibandingkan penyelenggaraan tahun lalu, capaian tahun ini meningkat drastis.

Hal itu disampaikan oleh Manajer A Takrib Jaka Pandu. Ia mengakui jika dihitung dari total hasil penjualan, pencapaian tahun ini naik hingga 180% dibandingkan pada 2017 lalu. Menurutnya ada beberapa hal yang mempengaruhi hal tersebut. Di antaranya tahun lalu perekonomian memang tengah lesu yang berpengaruh pada serapan produk ke pasar. Jaka menjelaskan pada semester pertama 2017, kondisi ekonomi nasional tengah terpuruk. “Jadi pasar kena imbasnya, ikut lesu,” katanya kepada Harian Jogja, Selasa (12/6). 

Advertisement

Sementara pada 2018 ini, perekonomian mulai membaik. Menurutnya pasar mulai menunjukkan tren positif sejak Oktober 2017 hingga saat ini. Sehingga daya beli masyarakat pun mulai meningkat. Selain momen Lebaran, Jaka menyebut hal lain yang berpengaruh adalah penyelenggaraan Piala Dunia pada pertengahan Juni mendatang. Oleh sebab itu, televisi menjadi produk elektronik yang paling banyak laku. Kemudian disusul oleh lemari es, AC, dan mesin cuci. Dalam event ini, A Takrib berhasil menjual sekitar 1.500 unit televisi. 

“Perkiraan pasar ke depan kami belum bisa memprediksi. Itu tergantung Pemilu nanti, kondisi stabilitas perpolitikan nasional akan sangat berpengaruh pada kondisi pasar. Lihat ke depan bagaimana,” katanya. 

Sebagaimana diketahui pameran elektronik terbesar dan terlengkap di DIY dan Jawa Tengah ini diadakan oleh A Takrib pada 2-10 Juni lalu. Pada pameran bertajuk Technofest Dug Deer Sale 2018 yang diselenggarakan di Gedung Mandala Bhakti Wanitatama ini, A Takrib menghadirkan berbagai penawaran menarik bagi pelanggan. Seperti misalnya bazar elektronik murah, cicilan 0% plus cashback bank, Ramadan midnight sale dan vucher THR dengan total nilai Rp238 juta. 

Tak hanya itu, A Takrib juga memberikan emas Antam 24 Karat yang diundi setiap pukul 21.00 WIB tiap harinya. Selain undian rezeki emas, Technofest Dug Deer Sale 2018 juga membagikan ratusan bingkisan parsel dan hadiah motor yang diundi pada akhir pameran. Pada akhir tahun, hadiah utama berupa program umrah juga akan diberikan kepada pelanggan yang beruntung dalam undian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement