Hotel Mulai Sepi, Pembeli Retail Naik Tiga Kali Lipat

Hotel Mulai Sepi, Pembeli Retail Naik Tiga Kali Lipat Bazaar makanan dan produk UMKM di Hartono Mall Jogja menjadi daya tarik pengunjung di libur panjang HUT Ke 73 Republik Indonesia, Jumat (17/8/2018). - Harian Jogja/Holy Kartika N.S
23 Agustus 2018 09:30 WIB Rheisnayu Cyntara Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Libur nasional yang berdekatan dengan akhir pekan mendorong peningkatan okupansi hotel di Jogja. Sektor retail pun ikut terpengaruh, pembeli bahkan meningkat hingga tiga kali lipat dibandingkan hari biasa.

Executive Secretary & Public Relations Ibis Styles Yogyakarta Diah Widyaningsih mengatakan akhir pekan lalu, okupansi hotel mencapai 100%. Selain dikarenakan libur nasional dan akhir pekan yang panjang, hal itu juga didorong adanya Prambanan Jazz Festival yang menyedot animo masyarakat dari luar Jogja. Kegiatan yang mengambil momen libur panjang ini menurutnya menjadi tujuan para tamu Ibis Styles untuk datang ke Jogja.

"Kalau Senin, Selasa ini kami rata-rata hanya 87 persen okupansinya. Meskipun ada libur kejepit. Mungkin karena banyak yang berkurban di wilayah masing-masing," katanya kepada Harian Jogja, Rabu (22/8).

Sementara itu, pada libur panjang kali ini pembeli retail pun meningkat hingga tiga kali lipat. Store Manager ACE Amplaz Sekar Tyas Nareswari menyebut dibandingkan hari biasa, jumlah pembeli meningkat cukup tinggi. Hal itu menurutnya juga berpengaruh pada jumlah transaksi harian. Sekar mengaku momen tersebut kemudian dimanfaatkan oleh ACE Amplaz untuk memberikan program khusus bagi pelanggan. Yakni dengan memberikan selama diskon semua produk sebesar 17%, cashback poin 17%, suguhan aktivitas demo penggunaan produk, paduan suara dan booth swafoto.

Bahkan pihaknya juga menggandeng Informa, retail furnitur yang merupakan sister company satu grup Kawan Lama untuk memberi program khusus selama libur panjang pada akhir pekan lalu. Yakni dengan memberi diskon hingga 50% dan cashback hingga Rp4,5 juta dan juga diskon 8% untuk produk elektronik. "Keativitas dan memanfaatkan momentum, menjadi kunci keberhasilan retail dalam memenangkan hati pelanggan. Sebab momen libur seperti ini biasanya dimanfaatkan pelanggan untuk mencari dan membeli kebutuhan rumah tangganya," imbuh Sekar.