Keren .. Remaja Dari Jogja Ini Sabet Penghargaan Khusus Wirausaha Muda Mandiri 2018

Keren .. Remaja Dari Jogja Ini Sabet Penghargaan Khusus Wirausaha Muda Mandiri 2018Christopher Farrel Millenio Kusuma (kanan), pendiri Kecilin, usai menerima penghargaan WMM 2018. - Istimewa
20 September 2018 20:30 WIB Annisa Margrit Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Remaja asal Jogja, Christopher Farrel Millenio Kusuma sekaligus pendiri Kecilin, berhasil menyisihkan puluhan pengusaha muda dari seluruh Indonesia untuk meraih penghargaan Best of The Best Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2018.

Pemuda berusia 18 tahun ini juga menjadi pemenang pertama Bidang Usaha Teknologi Digital untuk kategori nonmahasiswa dalam ajang penciptaan pengusaha baru yang digelar rutin tahunan oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. itu.

Farrel menjadi salah satu dari 28 pemenang WMM 2018, yang secara keseluruhan menghimpun lebih dari 800 calon pebisnis dari seluruh Indonesia. Ratusan calon pebisnis itu diseleksi lewat 34 perguruan tinggi di berbagai daerah dan 10 komunitas maupun inkubasi bisnis.

Kecilin merupakan tindak lanjut dari inovasi Farrel dalam membuat software pengompresi data. Melalui perangkat lunak itu, ukuran data bisa dikompres menjadi lebih kecil tanpa menghilangkan data aslinya.

Perangkat lunak yang diberi nama Data Compression Using Neural Network and Evolutionary Genetic for Lossless Data ini bisa mengecilkan data dengan rasio 93%. Bahkan, ciptaannya itu membuatnya diundang oleh Google untuk menghadiri Tensorflow Development Summit 2017 di Amerika Serikat (AS).

Kecilin menerima file berbasis teks, gambar, maupun video. Meski berasal dari Jogja, tetapi Farrel memilih Jakarta sebagai lokasi kantor Kecilin.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan pelaksanaan WMM diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk menjadi generasi yang dapat menciptakan lapangan kerja yang peduli dan mau berkontribusi terhadap pembangunan. "Tentu jadi suatu kebanggaan karena dapat melipatgandakan jumlah pelaku usaha di Tanah Air," ujarnya.

Kartika menyatakan penciptaan pengusaha baru itu dilakukan melalui sinergi yang erat dengan lebih dari 300 perguruan tinggi di Indonesia. WMM 2018 dimulai pada Maret 2018. Dari ratusan pengusaha muda yang ikut serta, 70 wirausaha muda lolos penjurian tahap awal dan terpilih mengikuti penjurian final oleh dewan juri yang terdiri dari perwakilan pemerintah, akademisi, praktisi, media, serta Bank Mandiri.

Peserta kompetisi dibagi ke dalam kategori mahasiswa dan non mahasiswa. Pemenang pertama kelompok non mahasiswa mendapat penghargaan WMM dan uang tunai hingga Rp200 juta, sedangkan juara kedua mendapat penghargaan dan uang tunai Rp100 juta.

Untuk kelompok mahasiswa, pemenang pertama mendapat uang tunai Rp100 juta dan pemenang kedua memperoleh Rp50 juta.

Sektor yang dikompetisikan antara lain wirausaha industri, perdagangan dan jasa; boga; kreatif; sosial; dan teknologi. Adapun penghargaan terhadap para pemenang telah diserahkan secara langsung di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Sabtu (15/9/2018).

Perkuat Kewirausahaan

Menteri BUMN Rini Sumarno menilai para pengusaha muda ini akan mampu memperkuat kewirausahaan nasional. Program WMM juga disebut sejalan dengan program Kementerian BUMN yang mendorong pengembangan ekonomi di masyarakat seperti Rumah Kreatif BUMN dan Balai Ekonomi Desa.

"Lewat program ini, mudah-mudahan dapat terlahir lebih banyak lagi wirausahawan-wirausahawan baru yang nantinya dapat menopang dan mendorong ekonomi Indonesia menuju ke arah yang jauh lebih baik. WMM juga menjadi salah satu upaya BUMN untuk selalu hadir di tengah masyarakat dan membangun negeri," paparnya.

Sejak digelar pertama kali pada 2007, tercatat lebih dari 36.000 wirausaha muda dari 656 perguruan tinggi di seluruh Indonesia sudah menjadi bagian dari komunitas WMM.

Dalam rangkaian WMM 2018, Bank Mandiri juga menyelenggarakan WMM Expo 2018 di Mall Olympic Garden, Malang pada 6-9 September 2018. Pameran itu diikuti oleh finalis dan alumni WMM serta mitra binaan Rumah Kreatif BUMN.

Berikut daftar lengkap pemenang WMM 2018:

Kategori Mahasiswa

Bidang Usaha Industri, Perdagangan, dan Jasa

Pemenang I: Arnandiza Amirul Khadifa -- Balon Kado

Pemenang II: Agus Wibowo - Agro Lestari Merbabu

Bidang Usaha Boga

Pemenang I: I Putu Agi Pratama - Umah Lokal

Pemenang II: Sentanah Limmase - Fermenation Indonesia

Bidang Usaha Kreatif

Pemenang I: Malinda Amalia - Linean

Pemenang II: Nabila - Batik Kanawa

Bidang Usaha Sosial

Pemenang I: Reno Pati - Rumah UPPO (Unit Pengelolaan Pupuk Organik)

Pemenang II: M. Zulfikri Al Qowy - Paccoo.com

Bidang Usaha Teknologi Digital

Pemenang I: Aditya Pratama Ghifary - Media BIMBINGAN BELAJAR GRATIS Berbasis Website dan Aplikasi

Pemenang II: Rafliansyah Ruslan - SCOLA (Learning Management System)

Bidang Usaha Teknologi Non Digital

Pemenang I: Alwy Herfian Satriatama - Majapahitech

Pemenang II: Aprial Syahputra - HerbalFoam

Kategori Nonmahasiswa

Bidang Usaha Industri, Perdagangan, dan Jasa

Pemenang I: Juwita - Golden Berry

Pemenang II: Reza Rizky Hermawan - Hermawan Propertindo Utama

Bidang Usaha Boga

Pemenang I: Endro Firdaus - GreenSmoothie Factory

Pemenang II: Bintang Priyambodo - Papa Buncit

Bidang Usaha Kreatif

Pemenang I: Bella Kartika Aprilia - Sepiak Belitong

Pemenang II: Ray Abdul Fatah - Ravy 26 House

Bidang Usaha Sosial

Pemenang I: Andhika Mahardika - CV Agradaya Indonesia

Pemenang II: Andriza Syarifudin - Nusa Berdaya

Bidang Usaha Teknologi Digital

Pemenang I: Christopher Farrel Millenio Kusuma - Kecilin

Pemenang II: Yudhis Thiro Kabul Yunior - Detron Engineering

Bidang Usaha Teknologi Non Digital

Pemenang I: Achmad Arbi - Lightning Advanced Solution Technology

Pemenang II: Nugroho Hari Wibowo - ENCOMOTION

Bidang Usaha Digital Financial Technology

Pemenang I: Adjie Wicaksana - Halofina - LPIK ITB

Pemenang II: Bong Defendy - Zend Money

Sumber : Bisnis Indonesia