Advertisement

Facebook Dorong UKM Sukses di Era Digital, Begini Caranya

Holy Kartika Nurwigati
Kamis, 25 Oktober 2018 - 20:33 WIB
Mediani Dyah Natalia
Facebook Dorong UKM Sukses di Era Digital, Begini Caranya Head of Emerging Business and SMB Indonesia-Filipina Facebook Ferdy Nandes saat menyampaikan materi literasi digital dalam acara Facebook Laju Digital di The Alana Yogyakarta Hotel and Convention Center, Rabu (24/10). - Harian Jogja/Holy Kartika N.S

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Facebook kembali mewujudkan komitmennya untuk membantu usaha kecil dan menengah, serta komunitas di Indonesia untuk dapat sukses di era digital. Kampanye Facebook Laju Digital ini merupakan upaya platform jejaring sosial ini untuk memperluas digital literasi di seluruh Indonesia.

Head of Emerging Business and SMB Indonesia-Filipina Facebook Ferdy Nandes mengungkapkan Facebook Laju Digital merupakan rangkaian kampanye yang dilakukan Facebook untuk mendorong pengusaha UKM dan komunitas meraih sukses di era digital.

Advertisement

"Kami memberikan pelatihan dan keterampilan digital kepada mereka. Harapannya mereka bisa memanfaatkan internet secara maksimal untuk mencapai tujuannya," ujar Ferdy di sela-sela acara Facebook Laju Digital di The Alana Yogyakarta Hotel and Convention Center, Rabu (24/10).

Ferdy memaparkan komitmen Facebook untuk memperluas digital literasi ini dilakukan menyeluruh tidak hanya di Jogja, tetapi di seluruh Indonesia dari barat ke timur. Program pelatihan dan keterampilan digital tersedia untuk masyarakat tanpa dipungut biaya.

Kampanye ini akan memperluas dan meningkatkan pelatihan keterampilan digital bagi pencari kerja, pemilik usaha kecil, dan komunitas Indonesia di Facebook. Ferdy menambahkan bentuk pelatihan yang diberikan termasuk kelas untuk mempelajari best practices dalam pemasaran, privasi online, serta cara untuk membangun komunitas.

"Kami dapat membantu mereka yang ingin menghadirkan bisnis atau komunitas secara online untuk berkembang tanpa memandang kemampuan digital yang dimiliki," jelas Ferdy.

Dalam acara tersebut turut dihadirkan beberapa pebisnis dan pelaku UMKM yang sukses memanfaatkan Facebook. Tak hanya sebagai media untuk mempromosikan produk mereka, tetapi juga untuk mengembangkan penetrasi bisnisnya.

Salah satunya seperti yang dilakukan Pendiri Busana Mandiri Corporation. Perusahaan asal Kulonprogo yang bergerak di bidang industri pakaian jadi ini sukses mengembangkan bisnis fesyen yang digerakkan oleh masyarakat desa.

"Kendala terbesar para pelaku UKM untuk mengembangkan usahanya adalah promosi. Adanya Facebook ini adalah strategi yang tepat, media yang murah dan efektif, sehingga pelaku usaha kecil bisa memilih target marketnya dengan tepat," ungkap Pendiri Busana Mandiri Corporation Rifki Ali Hamidi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Termasuk Jogja, BMKG Ingatkan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Waspada Cuaca Ekstrem

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement