Advertisement

Indonesia Menjadi Titik Strategis untuk Logistik Dunia

Newswire
Kamis, 29 November 2018 - 23:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Indonesia Menjadi Titik Strategis untuk Logistik Dunia Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. - IST

Advertisement

Harianjogja.com, MALANG-Komisaris PT Bank Central Asia Tbk (BCA), Cyrillus Harinowo mengemukakan saat ini Indonesia menjadi salah satu dari dua titik logistik paling strategis di dunia.

"Selain Jawa (Indonesia), titik logistik paling strategis lainnya adalah China. Bahkan, Indonesia sudah mulai memegang arah kendali perekonomian dunia karena faktor jumlah penduduk dan letak geografis yang sangat strategis," kata Cyrillus Harinowo saat memberikan kuliah tamu bertema "Perekonomian Indonesia dalam Perspektif Global", di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Malang, Jawa Timur, Kamis (29/11/2018).

Advertisement

Membaca perkembangan ekonomi dunia, Pemerintah Indonesia mengambil langkah strategis, salah satunya membangun infrastruktur dengan sangat serius untuk memperlancar perputaran roda ekonomi dalam negeri.

Ia mencontohkan trans Kalimantan yang mempercepat laju pengiriman logistik dari Pontianak sampai Kalimantan Timur, cukup dua hari saja. Selain itu, ia melihat banyak daerah-daerah terpencil sudah mulai dibangun.

Cyrillus Harinowo memrediksikan pertumbuhan ekonomi di Indonesia akan berkembang pesat. Hasil riset yang dilakukan oleh PWC Analysis menunjukkan, pada 2016, Indonesia berada pada posisi kedelapan dalam perekonomian global. Pada 2017 naik satu peringkat dan diprediksi pada 2050 Indonesia akan berada di posisi keempat dunia.

Oleh karena itu, lanjutnya, diharapkan mahasiswa sudah mulai mempersiapkan diri agar bisa terlibat dalam memajukan perekonomian Indonesia di tingkat global. "Harapan kami, mahasiswa yang kini masih duduk di bangku kuliah sudah mulai menyiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja Selain memberikan kuliah tamu bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMM, Komisaris BCA Cyrillus Harinowo juga membuka BCA Corner di Perpustakaan Pusat UMM.

"BCA Corner ini bukan hanya tambahan infrastruktur saja, namun bentuk kerja sama BCA dan UMM untuk mengantarkan mahasiswa agar melek teknologi di sektor perbankan," kata Rektor UMM, Dr Fauzan.

Fauzan menambahkan kehadiran BCA Corner melengkapi berbagai Corner yang telah ada sebelumnya. Baik yang berkaitan dengan dunia perbankan, juga informasi seputar negara sahabat. Beberapa Corner di UMM, di antaranya adalah American Corner, China Corner dan #AussieBangetCorner.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Berikut Jadwal Kalender Wisata Sleman di Maret 2024

Sleman
| Jum'at, 01 Maret 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Kegiatan Spiritual dan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata di Candi Prambanan

Wisata
| Kamis, 29 Februari 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement