Advertisement

PR JCM: Belajar Kehumasan Secara Autodidak

Holy Kartika Nurwigati
Selasa, 04 Desember 2018 - 23:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
PR JCM: Belajar Kehumasan Secara Autodidak Public Relations Officer Jogja City Mall Fandi Sutanto - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJATak memiliki bekal ilmu kehumasan, Fandi Sutanto mencoba mempelajari secara autodidak sejak bekerja sebagai Public Relations Officer Jogja City Mall sejak 2016 lalu.

"Awal tertarik bekerja di mal, karena dulu sering jalan-jalan ke mal, terutama di JCM. Lalu terpikir ingin bisa mengetahui lebih dalam tentang dunia kerja di tempat ini, akhirnya dapat kesempatan untuk berkarier di sini," ujar Ivan yang kini menjabat sebagai Supervisor Event and Promotion JCM kepada Harian Jogja, Senin (3/12).

Advertisement

Sejak memutuskan berkarier di pusat perbelanjaan ini, Ivan menyadari banyak ilmu yang tidak diperolehnya untuk melakoni pekerjaan sebagai public relations (PR). Lulusan Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Pemasaran Universitas Janabadra ini, akhirnya berusaha belajar tentang kehumasan secara autodidak.

"Belajar dari saling bertemu dengan teman-teman yang bekerja di bidang PR. Tanya ke beberapa teman, bagaimana menangani teman-teman media, dan lain sebagainya. Semua belajar autodidak," ungkap Ivan.

Pengalaman mengajarkan banyak hal bagi Ivan. Cara-cara dalam menerapkan manajemen krisis yang baik saat dihadapkan pada komplain, diakui Ivan banyak dipelajari ketika persoalan tersebut terjadi.

Ivan mengakui kendati awalnya berat dalam menghadapi komplain pelanggan, namun pengalaman tersebut membuatnya belajar tentang penanganan dan solusi.

"Seperti saat harus berhadapan dengan pelanggan yang emosi, berusaha sabar dan tetap menyampaikan dengan komunikasi yang baik, itu lebih baik daripada harus dihadapi dengan emosi juga," ungkap pria muda kelahiran Gunungkidul ini.

Kini, menduduki jabatan baru, Ivan pun kembali harus belajar tentang bidang tersebut. Pasalnya, mengerjakan suatu acara dan mengoordinasi beberapa bidang di bawahnya termasuk PR, menjadi tanggung jawab yang kian berat baginya.

"Belajar mengelola dan membuat acara agar mal semakin memiliki daya tarik bagi pengunjung, menjadi tugas baru buat saya. Di sini saya kembali belajar hal baru juga," imbuh Ivan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement