Advertisement

Wilayah Central Region XL Diperluas

Rheisnayu Cyntara
Senin, 07 Januari 2019 - 06:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Wilayah Central Region XL Diperluas Ilustrasi smartphone - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sepanjang 2018, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) Central Region mengaku telah melalui masa yang cukup menantang. Peningkatan jumlah pelanggan yang berdampak pada penambahan trafik, membuat XL Axiata Central Region meningkatkan pelayanan dengan memperluas jaringan hingga Kalimantan.

Regional Group Head Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti mengakui sepanjang 2018 menghadapi dinamika industri yang sangat menantang. Tantangan tersebut menurutnya, tidak hanya dari luar berupa kompetisi dengan operator lain, tetapi juga dari sisi perusahaan sendiri yakni terus meningkatnya jumlah pelanggan dan trafik. Peningkatan pelanggan tersebut berpengaruh pula pada meningkatnya ekspektasi pelanggan terhadap kualitas layanan. "Kami sadar benar, pelanggan sangat sensitif dengan kualitas layanan. Kami harus bekerja keras menjaga kualitas layanan," katanya pada Minggu (6/1).

Advertisement

Tuntutan atas kualitas layanan membuat XL Axiata Central Region membangun infrastruktur jaringan dan memperluas wilayah operasional hingga Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah per November 2018 lalu. Sofia menyebut kebijakan ini ditempuh sebagai bagian dari penyesuaian pada strategi bisnis perusahaan. Menurutnya, kini jumlah total pelanggan XL Axiata di kedua provinsi tersebut mencapai dua juta pelanggan, 94% di antaranya merupakan pelanggan layanan data. Layanan tersebut ditopang dengan infrastruktur jaringan yang diperkuat dengan lebih dari 730 BTS 4G dan lebih dari 1.200 BTS 3G.

"Apalagi, XL Axiata juga sudah memiliki sejumlah produk layanan baru yang membutuhkan dukungan jaringan data yang kuat. Antara lain adalah layanan fiber broadband XL Home yang kini sudah bisa diakses di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kami juga akan terus mengembangkan layanan Internet of Things (IOT) dan tidak menutup kemungkinan akan menjangkau area-area di wilayah ini," katanya.

Sofia menuturkan dalam mengembangkan usaha, selain berorientasi bisnis, XL Axiata juga berusaha semaksimal mungkin untuk ikut mendukung visi pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Menurutnya, infrastruktur layanan data berkualitas tinggi yang dibangun hingga pelosok daerah akan dapat menggerakkan roda perekonomian rakyat dan meningkatkan kinerja di berbagai sektor lainnya. Terutama sektor pelayanan publik, seperti pendidikan dan kesehatan. Penyediaan infrastruktur tersebut juga didukung dengan penyelenggaraan program-program edukasi pemanfaatan sarana digital bagi berbagai kalangan masyarakat. Antara lain petani, nelayan, kaum perempuan, pendidikan, hingga anak-anak muda kreatif.

Sofia menambahkan sepanjang 2018, Central Region telah menggelar sejumlah inisiatif. Salah satunya program tanggung jawab sosial perusahaan melalui Gerakan Donasi Kuota (GDK) termasuk di wilayah Central Region. Pada Desember lalu, Sofia menyebut pihaknya telah menyalurkan donasi modem dan kuota data sebesar 240 GB untuk masing-masing sekolah selama satu tahun ke 35 sekolah yang tersebar di beberapa area. Seperti Tasikmalaya, Indramayu, Purwokerto, Cirebon, Kudus, Martapura, Cianjur, Purwakarta, Subang, Kebumen, Pekalongan, Tegal, Tanjung, Palangkaraya, dan Banjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement