Advertisement

Demi Kepentingan Rakyat, DPR Surati KPPU Terkait Harga Tiket Pesawat

Newswire
Sabtu, 26 Januari 2019 - 14:37 WIB
Nina Atmasari
Demi Kepentingan Rakyat, DPR Surati KPPU Terkait Harga Tiket Pesawat Pesawat Garuda Indonesia mempersiapkan keberangkatan di apron Termial 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten Selasa (13/2/2018). (Bisnis - Felix Jody Kinarwan)).

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-- Permasalahan harga tiket pesawat terbang yang dikeluhkan masyarakat membuat wakil rakyat turun tangan. Wakil Ketua Komisi VI DPR Azam Azman Natawijana menyatakan, pihaknya bakal menyurati Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terkait permasalahan kenaikan tarif tiket pesawat, yang dikeluhkan masyarakat akhir-akhir ini.

"Komisi VI akan bersurat ke KPPU terkait harga tiket ini untuk kepentingan rakyat," katanya dalam rilis di Jakarta, Sabtu (26/1/2019).

Advertisement

Menurut dia, saat ini, banyak keluhan masyarakat terkait harga tiket yang mahal.

Politisi Partai Demokrat itu berpendapat bahwa tindakan maskapai yang menaikkan harga tiket adalah bagian yang perlu diinvestigasi KPPU.

Ia mengingatkan bahwa kenaikan tarif tiket pesawat itu menyulitkan masyarakat.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mempersilakan KPPU memeriksa dugaan kartel harga tiket pesawat.

"Saya pikir silakan KPPU masuk, KPPU berwenang untuk itu. Jadi, silakan lihat," kata Budi di Jakarta, Senin (21/1/2019).

Namun, Menhub meyakini bahwa tidak ada dugaan kartel terkait kenaikan harga tiket pesawat.

Sementara itu, KPPU telah memulai penelitian terkait dugaan adanya kartel terhadap harga tiket pesawat dan kenaikan harga jasa kargo udara.

"Kami sudah mulai penelitian tentang kemungkinan adanya kartel. Yang harus kita pahami bersama, tahap penelitian itu bukan berarti bersalah," kata Komisioner KPPU Guntur Syahputra Saragih di Jakarta, Senin (21/1/2019).

Guntur menyampaikan, penelitian tersebut merupakan inisiatif KPPU berdasarkan informasi masyarakat terhadap dugaan kartel harga tiket pesawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Disbud DIY Rilis Lima Film Angkat Kebudayaan Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement