Advertisement

Menhub Akan Cek Maskapai Yang Mengklaim Sudah Turunkan Tarif

Rinaldi Mohammad Azka
Rabu, 03 April 2019 - 17:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Menhub Akan Cek Maskapai Yang Mengklaim Sudah Turunkan Tarif Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. - Bisnis/Rinaldi M. Azka

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan pihaknya sudah mencatat dua grup besar maskapai, Garuda Indonesia dan Lion Air sudah menurunkan tarif penerbangan mereka.

Kementerian Perhubungan akan terus memantau penyesuaian tarif yang dilakukan oleh maskapai setelah revisi peraturan menteri (PM) No 20/2019.

Advertisement

"Menurut catatan saya yang sudah dua grup, Garuda Grup dengan Sriwijaya, Citilink, NAM Air, serta Lion Grup, Wings Air, dan Batik. Tugas kami sekarang adalah memantau, apakah yang dilakukan benar," ungkapnya Rabu (3/4/2019).

Dia, terangnya, memberikan kesempatan kepada maskapai untuk menurunkan tarif dengan mekanisme yang berlangsung natural dan sesuai pasar. Dia mengatakan bahwa upaya tersebut dilakukan supaya industri penerbangan lebih dewasa dan pemerintah tidak melakukan intervensi.

"Tetapi dalam hal penerbangan tidak lakukan satu harga yang terjangkau ke masyarakat, kami terpaksa, sekali lagi kami terpaksa untuk melakukan kewenangan kami dalam UU itu. Ini karena kami lihat masih ada ruang-ruang yang bisa diberikan ke masyarakat dari harga-harga yang sudah ditetapkan," tuturnya.

Dia menilai, pemotongan tarif tersebut masih berlangsung karena rata-rata potongan harga yang diberikan kedua grup maskapai itu hampir satu setengah bulan.

"Turunnya tarif tersebut, kalau Garuda sampai 50%. Lion Air, secara natural pasti kasih diskon lebih rendah dari Garuda," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Simak! Jalur Trans Jogja Lengkap, ke UGM, UNY, Rumah Sakit dan Tempat Wisata

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement