PLN UIP JBT II Realisasikan CSR Rp 1,3 Miliar

PLN UIP JBT II Realisasikan CSR Rp 1,3 MiliarPenyerahan CSR oleh PLN UIP JBT II./ Ist - PLN UIP JBT II
25 Juni 2019 09:22 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Guna mewujudkan tanggung jawab sosial kepada masyarakat, PT PLN (Persero) memberikan bantuan melalui PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah II (UIP JBT II) kepada masyarakat yang berlokasi di sekitar wilayah kerja proyek pembangunan. Dalam semester I/2019, PLN UIP JBT II berhasil merealisasikan bantuan corporate social responsibility (CSR) senilai Rp1,3 miliar

CSR tersebut disebar di beberapa tempat yang menjadi wilayah kerja PLN UIP JBT II yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, dan DIY. Bantuan CSR tersebut diberikan dalam bentuk pembangunan sarana prasarana umum dan rumah ibadah serta peningkatan fasilitas kesehatan bagi warga.

General Manajer PLN UIP JBT II Eko Priyantono Aviantoro menyebutkan lokasi yang menjadi prioritas pemberian bantuan CSR adalah daerah yang berada di dalam ring satu proyek. Alasannya adalah sinergitas antara PLN dengan masyarakat sekitar yang terus terjalin sehingga bisa mencapai tujuan bersama.

Pemberian bantuan CSR ini juga sebagai upaya dari PLN untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang selanjutnya diharapkan mampu menjadi pendukung dalam pengembangan daerah tersebut. Ia mengatakan masih banyak desa yang belum memiliki sarana dan prasarana umum yang memadai.

“Kami memang memiliki fokus kepada desa-desa yang sarana dan prasarananya belum cukup. Namun kami juga melihat kepada desa-desa yang memiliki potensi bagus untuk dikembangkan yang justru bisa menggerakan roda perekonomian mereka. Potensi-potensi seperti itu yang akan kita cari dan survei untuk kemudian kami bina lebih lanjut agar kita bisa sama-sama saling menguntungkan," terang Eko.

 29 Program CSR

Eko menjelaskan pada 2019, PLN UIP JBT II sudah memiliki 29 program CSR yang masih memungkinkan untuk bertambah pada semester II. Saat ini program yang sudah terealisasi sebanyak 15 program di dalam semester I.

“Dari keseluruhan program yang kami punya di tahun ini, 50 persen sudah terealisasi senilai Rp1,3 miliar dari nilai total Rp2,9 miliar. Sisa ini akan terus kami usahakan untuk terealisasi dengan harapan mampu mendukung aktivitas dan perekonomian masyarakat khususnya yang berlokasi dekat dengan tempat kita bekerja,” kata Eko.

Sebagai informasi, PLN UIP JBT II merupakan salah satu unit PLN yang berfokus pada pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan khususnya transmisi yaitu Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET). PLN UIP JBT II juga memiliki fokus dalam pembangunan Gardu Induk dan Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi.