Pendaftaran Rumah DP 0 Rupiah Gratis, Awas Penipuan!

Pendaftaran Rumah DP 0 Rupiah Gratis, Awas Penipuan!Foto contoh unit rusun dengan DP nol rupiah di Klapa Village, Jakarta Timur. - Istimewa
03 Agustus 2019 01:57 WIB Aziz Rahardyan Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Terhitung sampai Jumat (2/8/2019), proses pengajuan Kredit Perumahan Rakyat (KPR) program Rumah DP Nol Rupiah memasuki hari ke-7. 

Sebanyak 1.790 pemohon yang lolos masih memiliki waktu untuk mendaftar ulang, mengajukan permohonan KPR, serta memilih unit di lokasi rumah susun,  yang berada di Pondok Kelapa, hingga 4 Agustus 2019.

“Bahkan khusus untuk dua hari terakhir, yaitu Sabtu dan Minggu 3-4 Agustus, waktu pelayanan di Klapa Village kami perpanjang hingga pukul 17.00 WIB. Harapannya tambahan waktu di akhir pekan itu bisa memberikan kemudahan bagi para calon pendaftar program ini," ujar Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Rumah DP Nol Rupiah Dzikran dalam keterangan resminya.

Yang perlu digarisbawahi, dalam program DP 0 rupiah ini para pendaftar tidak diminta untuk melakukan pembayaran pada fase pengajuan KPR dan pemilihan tipe unit.

UPT mendapati pihak tidak bertanggung jawab yang mengaku sebagai bagian dari Pemerintah Provinsi DKI dan meminta uang kepada para peserta agar bisa lolos proses KPR.

“Warga dimohon berhati-hati dan waspada akan upaya penipuan, karena hingga saat ini tidak ada pemungutan biaya sepeser pun selama masa proses pengajuan kredit di Bank DKI, Para pendaftar cukup datang membawa dokumen yang dibutuhkan ke lokasi pelayanan di Klapa Village,” jelas Dzikran.

Program Samawa Rumah DP 0 Rupiah adalah program fasilitasi pembiayaan oleh Pemerintah Provinsi untuk mengatasi masalah kepemilikan rumah. Melalui program ini, pemprov menyediakan fasilitas pembiayaan kepemilikan dengan skema DP Nol Rupiah.

Dengan pemenuhan kebutuhan skema kepemilikan ringan, diharapkan Warga DKI Jakarta akan mampu meningkatkan kualitas hidup sesuai dengan Peraturan Gubernur No. 104/2018.

Terkait 780 unit Rumah DP Nol Rupiah di Klapa Village, Pemprov DKI Jakarta merencanakan analisis KPR yang menggandeng Bank DKI ini akan rampung pada Agustus 2019, sekaligus akad penyerahan kunci.

Terdapat dua tipe rumah yang disediakan, yakni tipe 36 dan 21, dan lima sub-tipe rumah yang dengan cicilan mulai 1,2 juta hingga 2,3 juta. Untuk harga rumah akan dibanderol Rp184 juta hingga spaling mahalRp341 juta.

Sebanyak 1.790 dari 2.359 pemohon yang dinyatakan lolos dan dibagi menjadi Prioritas 1 sebanyak 889 orang dan Prioritas 2 sebanyak 891 orang. Mereka akan mendapat fasilitas cicilan tenor panjang dan bunga rendah, serta transportasi publik Transjakarta Rute BKN Cawang-Pondok Kelapa.

Sumber : bisnis.com