Advertisement

BOB: Petakan Arah Wisatawan Akan Dibawa ke Mana

Media Digital
Kamis, 08 Agustus 2019 - 07:22 WIB
Mediani Dyah Natalia
BOB: Petakan Arah Wisatawan Akan Dibawa ke Mana Dari kiri ke kanan, Direktur Destinasi Pariwisata Badan Otorita Borobudur Agustin Peranginangin; Direktur Utama Direktur Utama Indah Juanita; Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan Bisma Jatmika; Direktur Keuangan, Umum dan Komunikasi Publik Y. Sigit Widiyanto dan Direktur Pemasaran Pariwisata Agus Rochiyardi saat bersantai di Restoran Glamorous Camping (Glamping) De'Loano, Purworejo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu./ Ist. - BOB

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Keberadaan Yogyakarta International Airport (YIA) diyakini mampu membawa masuk wisatawan dalam jumlah besar ke wilayah DIY dan sekitarnya. Badan Otorita Borobudur (BOB) melihat para pemangku kepentingan harus memiliki pemetaan akan di bawa ke mana para wisatawan tersebut. 

Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BOB Bisma Jatmika mengatakan dalam kajian selama ini konektivitas udara menjadi handicap di Jawa Tengah dan DIY. Bandara yang ada baik di Solo maupun DIY memiliki kapasitas yang terbatas. "Enggak hanya jumlah penumpang, tetapi juga tipe pesawat. Bandara yang ada saat ini belum bisa untuk pesawat badan lebar. Beda dengan YIA, dia [YIA] bisa tampung pesawat wide body," kata dia dalam rilis, Kamis (7/8).

Advertisement

Ia menyebutkan untuk mendukung konektivitas internasional sangat penting ada bandara yang mampu menampung pesawat wide body. Misalnya, penerbangan dari Eropa dan Australia yang memakai pesawat wide body.

"Kalau memang, misalkan wisatawan bisa kita bawa, dari luar negeri dengan air carrier tipe pesawat kaya itu, maka jumlah wisatawan akan masuk," tutur dia.

Ia menyebutkan jika sektor unggulan merupakan sektor wisata, maka harus memiliki pemetaan yang jelas ke mana saja wisatawan tersebut akan dibawa. "Apakah ke DIY dan sekitarnya atau tawarkan yang lain misalnya Dieng, Purwokerto, Semarang, Solo, Sangiran," papar dia.

Ia menyebutkan Kementerian Pariwisata memiliki framework tiga destinasi pariwisata nasional (DPN) di Jawa Tengah dan DIY yakni DPN Semarang-Karimunjawa; DPN Borobudur-Yogyakarta dan DPN Solo-Sangiran. "Itu menunjukkan keluasan cakupan. Misalnya DPN Borobudur-Yogyakarta dan sekitarnya, masuk Dieng di situ," terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement