Iduladha dan Berkah Warga Kampung Qur’an Rukem Purworejo

Iduladha dan Berkah Warga Kampung Qur’an Rukem Purworejo
09 Agustus 2019 18:27 WIB Bernadheta Dian Saraswati Ekbis Share :

Harianjogja.com, PURWOREJO - Rabu pagi, 22 Agustus 2018 tahun lalu, tepatnya seusai sholat Idhuladha, warga Kampung Qur'an Rukem berbondong - bondong membawa kambing dari kandang mereka untuk disembelih di Mushola Miftahul Huda. Kambing-kambing itu merupakan amanah yang dititipkan oleh para jemaah melalui PPPA Daarul Qur'an dan Daqu Agro Techno dalam program pembudidayaan kambing di kampung Quran sekaligus Kampung Agro Purworejo.

Kurang lebih tiga bulan, kambing-kambing tersebut dipelihara oleh warga sebagai hewan kurban. Warga juga berkesempatan mendapatkan hadiah dari Daqu Agro Techno jika berhasil menjaga amanah dari para jemaah sesuai target yang ditentukan.

Pagi tadi sebanyak 25 kambing kualitas premium telah dipotong dengan berat di atas 25 kg. Berbeda dengan tiga tahun yang lalu yang pelaksanaannya belum maksimal. Sekarang masyarakat bisa merasakan kurban dan daging kambing dengan layak.

Kambing-kambing yang telah mereka budidayakan kemudian mereka sembelih berdasarkan nama yang diberikan oleh petugas QUIS (Qurban Istimewa) Daarul Qur’an (sebagai pengelola dan penyaluran hewan qurban). Kambing yang telah disembelih kemudian dagingnya dibagikan kepada warga Kampung Qur’an Rukem dan beberapa kampung lain di sekitarnya.

Subur selaku salah satu masyarakat yang ikut dalam program pembudidayaan kambing mengaku sangat senang dengan adanya program tersebut. Ia senang karena bisa membantu menjagakan kambing kurban dari para jemaah, namun secara tidak langsung beliau juga mendapatkan keuntungan berupa upah karena telah merawatnya sesuai dengan bobot target yang dicapai.

“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali - kali tidak dapat mencapai [keridhaan] Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik”. Al-Qur’an Surat Al Hajj ayat 37.

Berkurban pada hakikatnya adalah bentuk rasa takwa dan syukur untuk meraih keridhaan Allah SWT. Dari pelaksanaan Iduladha dan qurban itu, masyarakat Kampung Qur'an Rukem berterima kasih kepada para jemaah yang telah berkurban melalui Quis Daarul Qur’an sehingga mereka masih bisa merasakan nikmatnya daging qurban di tahun ketiga ini dan mendapatkan keberkahannya. (*)