Liburan, Jumlah Penumpang Kereta Tinggi

Liburan, Jumlah Penumpang Kereta TinggiIlustrasi kereta Lebaran. - JIBI
20 Agustus 2019 07:22 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pada masa-masa musim liburan Iduladha dan Hari Kemerdekaan beberapa waktu lalu, jumlah penumpang kereta dinilai mengalami peningkatan.

“Wajar ya meningkat masa liburan itu, okupansi ya 100 persen. KA lokal full, prameks per hari 11.000 orang,” kata Kepala Humas PT. KAI Daop 6, Eko Budiyanto, Senin (19/8).

Diungkapkan Eko, animo masyarakat untuk naik kereta dari waktu ke waktu semakin meningkat. Tingginya penumpang tersebut coba diimbangi PTKAI dengan memberikan pelayanan terbaik.

Terkait dengan kereta bandara yang menghubungkan akses Yogyakarta International Airport (YIA), Eko mengatakan saat ini belum ada penambahan kereta, karena jumlah penumpang dari pesawat masih stagnan serta maskapai yang ada juga belum banyak.

Eko menyayangkan akhir-akhir ini banyak masyarakat yang melakukan swafoto di sekitaran rel kereta api, yang cenderung membahayakan. Pihaknya pun mengimbau agar masyarakat tidak melakukan hal tersebut.

Pengelola administrasi Terminal Giwangan, Aji Fajar mengungkapkan untuk jumlah penumpang bus selama masa libur, tidak ada peningkatan berarti. “Jumlah penumpang normal. Perkiraan penggunaan kendaraan pribadi sepertinya lebih banyak. Untuk yang bis, kebanyakan jarak-jarak pendek saja,” ucap Aji.