Kopma UGM Gelar Workshop tentang Koperasi untuk Generasi Muda

 Kopma UGM Gelar Workshop tentang Koperasi untuk Generasi MudaLogo UGM. - JIBI
30 Agustus 2019 02:17 WIB Uli Febriarni Ekbis Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-- Unit Kegiatan Mahasiswa Koperasi Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UKM Kopma UGM), berusaha memberikan kontribusi terbaik untuk pendidikan, salah satunya melalui Cooperative Workshop 2019, Sabtu (24/8/2019), di Gelanggang Mahasiswa UGM.

Koordinator Divisi Sponsorship Cooperative Workshop Kopma UGM 2019, Firdaus Al Fauzi mengungkapkan acara ini bertujuan untuk menyosialisasikan dan meningkatkan wawasan perkoperasian generasi muda Indonesia. Di masa mendatang, mereka diharapkan menjadi generasi penerus koperasi dan terus berkontribusi untuk kemajuan bangsa.

Bertema Digitalisasi Koperasi dalam Membangun Startup dan Peran Milenial Menuju Revolusi Industri 4.0, seminar nasional yang menjadi rangkaian acara itu, diikuti oleh 280 pendaftar.

"Selain peserta dari UGM sendiri, acara ini juga dihadiri oleh tamu undangan seperti perwakilan koperasi mahasiswa kampus lain, Direktorat Mahasiswa UGM dan pejabat terkait," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Kamis (29/8/2019).

Narasumber Cooperative workshop terdiri dari kementerian koperasi, akademisi dan praktisi. Antara lain Asisten Deputi Peningkatan Kualitas SDM Perkoperasian, Deputi Bidang Pengembangan SDM, Dwi Andriani Sulistyowati, selanjutnya Dosen Ilmu Sosiatri/Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Fisipol UGM, Hempri Suyatna dan Founder Startup Majapahitech dan Duta Revolusi Industri 4.0, Alwy Herfian S.

Ia mengungkapkan koperasi merupakan institusi yang beranggotakan individu sedikitnya 20 orang, memiliki badan hukum yang melandaskan kegiatannya pada prinsip-prinsip koperasi.

Salah satu peran koperasi yang sangat penting diwujudkan dengan berbagai cara seperti memberikan pendidikan dan pelatihan bagi anggota serta menjadi tempat praktik.