Advertisement

PLN Ikut Lestarikan Budaya Suran Mbah Demang

MediaDigital
Senin, 09 September 2019 - 10:57 WIB
Nina Atmasari
PLN Ikut Lestarikan Budaya Suran Mbah Demang Tradisi Kirab Suran Mbah Demang Sabtu (7/9/2019). - Ist/ Dok PLN

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Bertempat di Serut Modinan Banyuraden PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta melalui program PLN Peduli ikut menyemarakkan acara tradisi Kirab Suran Mbah Demang yang merupakan rangkaian acara rutin bulan Suro dalam penanggalan Jawa untuk memperingati perjuangan Ki Demang Cokrodikromo, Sabtu (7/9/2019).

Perangkat Gamelan Slendro diserahkan oleh Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta, Eric Rossi Pryo Nugroho kepada pemangku adat Desa Banyuraden, Murdianto Murdopuspito.

Advertisement

Eric menyampaikan bahwa bantuan telah diberikan sejak tahun 2017 oleh PLN diantaranya berupa seragam bergada Demak Ijo, perangkat gamelan prajurit dan kali ini gamelan slendro.

Dengan diberikan bantuan tersebut, Sanggar Widya Permana yg merupakan sanggar kesenian di Banyuraden ini diharapkan dapat menjadi Duta PLN melalui Bidang Kebudayaan, untuk menggunakan listrik secara terukur dan bijak, menjaga kebersihan jaringan ( jarak aman dengan jaringan 3 meter) serta turut serta melakukan edukasi keselamatan ketenagalistrikan atau edukasi bahaya listrik jika menemukan hal yang janggal di peralatan listrik maupun aset PLN.

"PLN senantiasa berkomitmen untuk melaksanakan tanggung jawab sosial yang diwujudkan dalam berbagai kegiatan, diantaranya bidang sosial budaya seperti ini," pungkas Eric.

Sementara itu Murdianto Murdopuspito menyampaikan apresiasinya kepada PLN yang telah memberikan bantuan berupa gamelan slendro tersebut.

"Semoga kerjasama ini akan menjadikan Sanggar Widya Permana dapat berkembang lebih baik," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pendaftaran Ditutup, Ini 8 Nama yang Mendaftar Lewat Golkar di Pilkada Bantul 2024

Bantul
| Kamis, 25 April 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement